Salam semangat sahabat….. Kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar salah satu obyek wisata bersejarah di kota Jogja. Yup, Tamansari…………. Pasti untuk sebagian besar warga Jogja sudah tidak asing lagi dengan obyek wisata bersejarah ini. Tamansari merupakan warisan dari Keraton Kesultanan Yogyakarta yang masih berdiri kokoh. Obyek wisata ini terletak di Kampung Taman, Kecamatan Kota Yogyakarta.

Taukah anda Sejarah Tamansari?

Tamansari dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I pasa tahun 1758. Letak Tamansari tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, ya sekitar 300 meter di sebelah barat Keraton. Di Tamansari, terdapat obyek utama berupa kolam air yang dikelilingi benteng setinggi 6 meter. Dahulu kolam ini berfungsi sebagai kolam pemandian dari istri-istri Sultan Hamengkubuwono I.

pesona wisata tamansari

Nama Tamansari terdiri dari dua kata yaitu taman yang berarti kebun yang ditanami bunga-bunga dan sari yang berarti indah. Jadi Tamansari bisa dimaksudkan sebagai suatu kompleks taman yang indah. Dimana konon, dahulu kala di Tamansari terdapat kebun buah-buahan seperti nanas, mangga, semangka dan jenis buah-buahan lainnya sehingga Sultan dapat memetik buah setiap saat.

kolam tamansari

Hmmm…. betapa indahnya pemandangan di sekitar Tamansari dahulu kala dan sangat berbeda jauh dengan kondisi sekarang dimana di sekitar Tamansari sudah dipenuhi rumah warga. Konon, warga yang tinggal di kompleks sekitar Tamansari merupakan kerabat dari para abdi dalem secara turun temurun.

Selain itu, fungsi Tamansari pada masa itu diperuntukkan sebagai benteng untuk melawan bahaya. Disisi lain, di Tamansari terdapat Pesanggrahan Tamansari yang dilengkapi bangunan mushola untuk sarana ibadah, berada tepat di bangunan Sumur Gemuling.

Apa sih keistimewaan Tamansari?

Jika Anda memasuki komplek obyek wisata Tamansari, Anda akan menemukan keeksotisan indahnya bangunan-bangunan yang ada di Tamansari dari benteng, kolam air, masjid bawah tanah, menara Tamansari dan masih banyak lagi bangunan-bangunan di Tamansari yang mempesona.

kolam tamansari jogja

Saat Anda memasuki masjid bawah tanah, maka rasakan nuansa berada di dalam masjid tersebut. Anda akan merasakan dingin, tenangnya hati, dan  nuansa religi yang ada di dalamnya. Bangunan masjid ini lumayan unik dimana masjid tersebut berbentuk bulat, berlantai dua, dan terdapat rongga-rongga jendela di bagian luarnya. Konon, lantai atas dari masjid ini dahulunya untuk jamaah kaum hawa, sedangkan imam dan jamaah kaum adam berada di lantai bawah. Dibagian tengah masjid bawah tanah ini, terdapat kolam yang masa dulu ada airnya serta dari rongga-rongga pintu di bagian tengah dari masjid ini terdapat tangga-tangga dari 3 arah pintu yang berbeda dan menyatu di bagian tengah, serta dari pusat tiga tangga-tangga itu ada tangga untuk menuju ke lantai atas. Selain itu di dalam masjid tersebut terdapat terowongan yang konon katanya dipercaya masyarakat yaitu tempat jalan pintas Sultan menuju laut selatan.

pesona tamansari

Setelah menikmati indahnya masjid bawah tanah, Anda dapat melanjutkan perjalanan menaiki bangunan kuno yang cukup tinggi yang berada di samping masjid bawah tanah. Bangunan kuno ini seperti berbentuk bangunan tingkat dengan tempat yang datar dan berdinding sagat tebal. Anda dapat melihat pemandangan sekitar Tamansari dari Bangunan Kuno tersebut. Tidak jarang Tamansari dimanfaatkan banyak orang pecinta fotografi untuk pengambilan foto-foto era jaman dulu bahkan untuk pengambilan foto Pra Wedding.

Berapa ya harga tiket masuknya?

Biaya yang harus dikeluarkan ketika memasuki obyek wisata Tamansari adalah sebesar Rp 3000,- (Desember 2012). Harga tiket yang sangat terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Selain itu Anda juga disediakan fasilitas para pemandu wisata bagi para pengunjung yang ingin mendapatkan penjelasan lebih rinci tentang makna dan tujuan setiap bangunan yang ada di Tamansari. Harga yang ditawarkan tergantung dari kesepakatan pihak masing-masing.

Ada yang lain gak ya?

Di sekitar kompleks Tamansari juga terdapat para seniman yang memaparkan lukisan-lukisan yang sangat indah dan para pengunjung juga bisa membeli dengan harga nego untuk mendapatkan lukisan-lukisan yang ada.

tamansari jogja

lukisan tamansari

salah satu tempat di tamansari

situs-pesanggrahan tamansari yogyakarta

Bagaimana sobat, cukup menyenangkan bukan?

Jadi jika ada kesempatan, bagi yang belum pernah ke Tamansari atau kangen untuk wisata ke Tamansari….. monggo… dijamin dapat menikmati keindahan peninggalan sejarah yang kental dengan Keraton Yogyakarta tanpa meninggalkan unsur budaya yang ada di masa lalu…

Sekian… Semoga bermanfaat ya sahabat 🙂

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.