Taukah sobat? Di kawasan Nglanggeran Patuk Gunungkidul terdapat sebuah tempat berlibur yang asik. Taman Buah Nglanggeran yang beberapa waktu lalu telah diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X terdapat sebuah danau buatan yang indah. Pantulan langit di danau seakan menyapa semua pengunjung yang berada pinggiran danau Nglanggeran tersebut.

Pada hari Minggu tanggal 6 Oktober 2013 yang lalu, para Sahabat Seneng Dolan melakukan perjalanan ke Embung Nglanggeran. Sebenarnya embung tersebut bukan merupakan nama dari tempat tersebut, melainkan penyebutan dari tempat yang bernama Kebun Buah Nglanggeran. Entah mungkin karena di kebun buah tersebut di buat sebuah danau buatan, jadi terkenal dengan nama embung Nglanggeran itu sendiri.

Embung Taman Buah Nglanggeran

Embung Nglanggeran atau Taman Buah Nglanggeran terletak di dekat Gunung Api Purba Nglanggeran yang namanya mulai melambung akhir-akhir ini. Menempuh kurang lebih 60 km dari kota Bantul ke Patuk Nglanggeran dengan rute Bantul – Ring Road – Jalan Wonosari – Patuk – Nglanggeran. Jalur yang dilalui sama dengan jalan menuju Gunung Api Purba Nglanggeran, yaitu bisa melewati jalan aspal setelah stasiun radio GCD FM. Ikuti saja jalan tersebut nanti juga sampai 😀

Di embung, kita disambut pemandangan yang menakjubkan disekeliling danau buatan tersebut. Bukit-bukit menjulang tinggi, yang tak lain adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Menikmati pemandangan dan bersenda gurau dengan Seneng Dolan, tak lupa kami mengabadikan momen dengan berfoto bersama.

Embung Patuk Gunungkidul

Ooo iya sob, tiket masuk ke dalam kawasan embung taman buah Nglanggeran terbilang cukup murah. Hanya dengan uang 5.000,- rupiah saja anda sudah dapat memasuki tempat wisata yang indah ini. Dengan rincian biaya 3.000,- rupiah untuk memasuki embung, dan 2.000,- untuk jasa parkir kendaraan bermotor anda. Saya kurang begitu tau biaya parkir untuk kendaraan roda empat.

Embung Taman Buah Nglanggeran GK

Embung Taman Buah Nglanggeran Patuk Gunungkidul

Dari beberapa gambar diatas, dapat kita simpulkan bahwa sungguh indah keindahan alam ciptaan Tuhan YME. Kita wajib menjaga dan melestarikannya agar tetap asri di masa yang akan datang. Keindahan yang selalu membuat rindu untuk tetap berada disana menikmati alam terbuka yang menenangkan jiwa.

Semoga post ini menjadi inspirasi sobat untuk menentukan trip perjalanan disaat long weekend atau berlibur bersama sahabat dan keluarga. Salam dolan! 😀

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.