Menyegarkan pikiran

Menghilangkan penat setelah menghadapi serangkaian aktivitas, pastinya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Berlibur bisa jadi salah satu alternatif kamu untuk sekedar menyegarkan kembali pikiran yang sempat terganggu. Tak harus ramai-ramai dengan teman, kamu bisa berlibur sendiri ke tempat yang kamu inginkan. Tentunya dengan persiapan yang matang terlebih dahulunya. Kamu bisa menyiapkan segala hal yang dibutuhkan selama masa berlibur kamu.

Tak harus jauh-jauh ke luar negeri, di dalam negeri pun kamu tetap bisa merasakan momen tak terlupakan. Pastinya biaya liburan yang dikeluarkan juga jauh lebih murah ketimbang berlibur ke luar negeri. Selain itu, kamu bisa mengenal kebudayaan asli Indonesia yang sebenarnya tak kalah dengan pesona negara lain. Waktu liburan tetap menjadi hal paling menyenangkan dan sarat akan kenangan indah selama menikmati alam dan keramahan Indonesia.

Siapa takut berlibur seorang diri

Persiapan berlibur 

Untuk berlibur sendiri, memang dibutuhkan keberanian dan tekad yang kuat. Agar kamu tak mudah menemui masalah ketika menikmati waktu liburan tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa membantu kamu ketika berlibur sendiri.

1. Persiapkan akomodasi dari jauh-jauh hari
Mulai lah untuk memilih transportasi terpercaya yang akan kamu gunakan untuk menuju tempat liburan. Berburu tiket penerbangan termurah bisa jadi salah satu solusinya. Biasanya harga tiket akan jauh lebih murah ketimbang di pesan mendekati hari H.

2. Mempelajari bahasa asli penduduknya
Cobalah untuk mempelajari bahasa asli tempat tujuan, setidaknya kalimat sapaan ringan. Biasanya penduduk akan bersikap jauh lebih ramah jika kamu mampu berbahasa seperti mereka. Bahasa juga bisa mempermudah kamu ketika menghadapi kesulitan disana.

3. Siapkan uang tunai secukupnya
Usahakan untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang begitu besar. Hal ini hanya akan membuat kamu mudah dijadikan korban tindak kejahatan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Menyisipkan kartu atm ataupun kredit di tempat aman untuk berjaga-jaga ketika uang tunai menipis.

4. Jangan mudah untuk percaya dengan orang lain
Tidak semua orang memiliki niat yang baik terhadap kamu, maka ada baiknya kamu tak terlalu mudah terbujuk iming-iming orang. Bukan tak mungkin mereka mudah memanfaatkan kamu untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, hindari berkomunikasi dengan orang asing yang baru kamu temui di tempat berlibur.

5. Bawalah identitas lengkap bersama kamu
Hanya karena berlibur, bukan berarti kamu tak mementingkan kartu identitas. Kartu identitas ini bisa saja menolong kamu ketika kamu menghadapi musibah disana. Biasanya memang beberapa hal memerlukan kartu identitas untuk mempermudah prosedur.

(redaksi – image by google)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.