Candi Cetho Yang Unik di Karanganyar. Sahabat sekalian mungkin berpikir jika berkunjung ke sebuah candi, yang bisa anda lakukan cukup terbatas pada pemandangan candi itu sendiri, tapi tidak di Candi Cetho di Karanganyar ini. Indonesia memang sudah dari dahulu kala diketahui memiliki candi yang cukup banyak jumlahnya, bahkan beberapa di aantaranya tidak dirawat karena masyarkat sekitar yang tidak peduli dengan tempat yang sebetulnya merupakan kekayaan bagi negara ini.Banyak candi yang bahkan tak dikenal oleh wisatawan lokal, padahal seperti contohnya Candi Cetho ini menyimpan pesona yang cukup menarik bagi siapapun yang datang kesana.

Sejarah Panjang Dengan Bentuk Candi Yang Unik

Candi Cetho sendiri memiliki sejarah cukup panjang, dimana candi ini diperkirakan berasal dari Kerajaan Majapahit.  Yang menjadikan candi ini berbeda tentu karena bentuknya cenderung mirip dengan bangunan tradisional milik suku Inca di Peru, tak seperti layaknya bentuk candi di Indonesia yang mungkin sahabat pernah kunjungi. Hal itu membuat candi ini menjadi tergolong unik. Karena telah mengalami pemugaran bangunan, kondisi bangunan candi ini terlihat masih cukup baik dan terawat.Masyarakat sekitar sering menggunakan candi ini untuk acara keagamaan dan juga merupakan tempat untuk melakukan pertapaan, untuk itu sangat dianjurkan untuk menjadi kebersihan candi ini bagi siapa saja yang berkunjung.

Wisata Candi Cetho Yang Unik di Karanganyar

Pemandangan Indah dari Kawasan Sekitar

Kawasan ini sendiri cukup sering dikunjungi masyarakat, tapi kabarnya hanya berasal dari daerah sekitar karena popularitas yang cukup kurang dari Candi Cetho ini. Hal ini sebenarnya bermanfaat bagi sahabat yang berencana ke sini, karena dengan kondisi yang tak terlalu ramai, membuat suasana menjadi lebih nyaman untuk menikmati keindahan alam yang tersedia. Cetho sendiri berarti Jelas dan hal ini merujuk pada kondisi di candi ini dimana nantinya sahabat bisa melihat pemandangan yang cukup jelas ke daerah Solo dan Karanganyar. Pemandangan yang ditawarkan disini tak terbatas pada pemandangan di sekitar candi saja, tapi juga pemandangan pegunungan dan juga hamparan sawah dan pohon-pohon yang terlihat begitu menyegarkan.

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu adalah beberapa gunung yang terlihat dengan cetho (jelas) dari kawasan candi ini.Anda pun tak akan bosan dengan apa yang bisa anda lihat di kawasan yang dikunjungi, selain pemandangan yang luar biasa indahnya, anda bisa melihat bagian-bagian candi yang totalnya berjumlah 11 bagian. Untuk mencapai nya sendiri perlu ditempuh dalam waktu yang cukup lama mengingat jaraknya yang cukup jauh dan tinggi, letak candi ini tepatnya berada di Kabupaten Karanganyar, di sebuah desa yang bernama desa Gumeng.

(posted by admin)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.