Berlibur ke luar negeri

Gak semua momen liburan diisi dengan sesuatu yang menyenangkan terus, ada kalanya kamu menghadapi musibah yang tak terduga. Apalagi kalau berliburnya ke luar negeri yang notabenenya sulit untuk meminta bantuan. Kalau sudah begini, pastinya kamu harus tahu apa yang bisa dilakukan agar liburan tak menjadi terganggu. Panik pastinya bukan menyelesaikan masalah, hanya akan membawa masalah bertambah besar.

Tak jarang memang ketika berlibur kamu menemukan paspor hilang ataupun harus menderita kerampokan. Pasalnya memang tak semua negara tujuan destinasi liburan turis memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Ada beberapa negara yang memang tak begitu ketat peraturannya, sehingga memudahkan tindak kejahatan terjadi. Kamu juga harus waspada kalau hal ini terjadi dengan kamu ataupun rombongan berlibur.

Mengatasi masalah saat berlibur ke luar negeri

Masalah dan solusinya

Menginjakkan kaki di negeri orang memang ada senangnya, ada pula sedihnya. Pastinya hal sedih terjadi ketika kekacauan mulai timbul sebagai penghalang. Apa saja kekacauan yang lazim terjadi saat liburan? Bagaimana cara mengatasinya?

1. Paspor hilang entah kemana
Kejadian satu ini memang lazim dialami oleh traveler. Biasanya kamu baru sadar ketika waktu kepulangan semakin dekat. Untuk berjaga-jaga, ada baiknya kamu memfotokopi paspor sebagai antisipasi di awal. Bila paspor sudah terlanjur hilang, datanglah ke kantor konsulat Indonesia yang ada di negara tersebut. Kamu bisa mengurus kehilangan paspor, tapi sayangnya kamu akan dikenakan biaya penggantian. Biasanya paspor akan jadi dalam waktu 48 jam.

2. Menjadi korban pencopetan
Musibah seperti ini bisa terjadi dimana saja, apalagi ketika kamu lengah dan tengah berbelanja. Untuk itu, jangan berpakaian terlalu mencolok dengan perhiasan dan sebagainya. Menggunakan gadget di tempat umum juga harus dibatasi agar tak mengundang kesempatan para pencopet. Jika kamu tengah mengalaminya, kamu bisa langsung mendatangi kantor polisi terdekat untuk melaporkannya. Blokirlah atm ataupun kartu kredit yang hilang tersebut sesegera mungkin agar tak disalahgunakan.

3. Tersesat dan kesulitan menemukan jalan pulang
Kebanyakan orang memang lalai untuk mengingat tempat menginap mereka. Tak jarang akhirnya mereka harus kehilangan arah ketika mau kembali. Cara antisipasi yang paling mudah tentunya dengan mengingat-ingat nama dan lokasi penginapan kamu. Ushakan untuk selalu membawa brosur terkait hotel tersebut. Jangan terlalu panik, biasanya masyarakat setempat akan membantu kamu untuk menemukan jalan pulang. Mereka akan dengan sukarela memberikan pertolongan atau kamu bisa mendatangi kantor pelayanan publik terdekat. Usahakan pula untuk menguasai setidaknya bahasa sapaan negara tujuan liburan.

(posted by admin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.