Waduk Mini Kleco Kulon Progo – Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 1 Nopember 2014 aku bersama teman-teman yang juga hobi jalan-jalan mengunjungi sebuah embung atau waduk mini Kleco Kulon Progo. Embung Kleco merupakan objek wisata yang tergolong baru, karena pas aku kesana pembangunan baru saja selesai, terlihat dari embung yang belum ada airnya. Kecewa gak ada airnya, tapi tetep senang kok 😀

Waduk Mini Kleco ini terletak di daerah Ngesong, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waduk buatan yang tidak begitu jauh dari kota Jogja, namun aku kurang tau berapa kilometer jaraknya 😛 Yang jelas dari tempatku bermukim, daerah Pandak Bantul hanya butuh waktu 30 menit saja untuk bisa sampai waduk Kleco. Cukup dekat sob 🙂

Petunjuk Arah Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Rute ke Waduk Kleco Kulon Progo

Dari kota Jogja, ambil rute jalan Godean ke barat terus melewati lampu merah Gedongan, masih lurus ke Nanggulan Kulon Progo, nah pas lampu merah Nanggulan ke kiri, ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan besar, ambil kanan arah Girimulyo atau Goa Kiskendo (lihat papan petunjuk jalan warna hijau), nah kalau ketemu jembatan tanya aja warga situ dengan sopan, pasti ditunjukin 🙂

Dari arah selatan (Pandak Bantul), melewati Gesikan Wijirejo ke arah Sedayu, lampu merah sedayu ke kiri/barat, ketemu jembatan Progo masih lurus lampu merah kedua ke kanan, ikuti jalan tersebut lalu ambil arah ke Goa Kiskendo, sebelum sampai ke Goa Kiskendo tanya warga disitu yak! Maklum tempatnya agak tersembunyi 😀

Jalan Menuju Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Pemandangan waduk mini Kleco Kulon Progo

Ow iya, jalan menuju embung Kleco ini nanjak sob, jadi siapkan kendaraan kamu jika mau kesana. Ditambah lagi kalau mau ke embungnya harus jalan kaki sekitar 100 meteran naik ke atas. Selamat berjuang 😀

Nah, pas ke embung Kleco gak diminta biaya retribusi ataupun parkir karena waktu itu pas hari Sabtu siang, dan kondisinya sepi.

Narsis dulu boleh dong kakak 😛

Tirta Wahyu - Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Waduk mini Kleco Kulon Progo

Nah, sampai diatas ternyata gak ada airnya, hadeeeh kecewa tapi ya wajar saja karena waktu itu belum musim hujan. Yang bikin takjub itu pemandangan diatas yang dapat memandang luas area sekitar embung. Bagus banget, disekitar terlihat jajaran perbukitan Menoreh yang penuh keindahan.

Ini sob kalau mau lihat waduk mini Kleco tanpa air 😛

Waduk Kleco Kulon Progo

Embung Kulon Progo

Embung Kleco Kulon Progo

Embung Kleco - Waduk Mini

Wisata Waduk Mini Kleco Kulon Progo

Hanya beberapa menit saja di Waduk Mini Kleco Kulon Progo, begitu puas langsung pergi meninggalkan area embung tersebut.

Baca juga cerita menarik Embung Nglanggeran Patuk Gunungkidul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.