Nah akhirnya kesampaian juga posting tentang Gunung Api Purba Nglanggeran ayeee šŸ˜€ Padahal ini dah lama banget tahun 2013 lalu šŸ˜› Tidak perlu kamu ketahui sob, bahwa sebelum naik ke puncak Gunung Api Nglanggeran ini, aku dan kawan-kawan sudah lebih dulu maen ke Embung NglanggeranĀ nan eksotis itu sob! Memang mantap nih Gunungkidul dengan berbagai tempat wisatanya šŸ™‚

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di kecamatan Patuk kabupaten Gunungkidul, lebih tepatnya terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul yang berada pada deretan Pegunungan Seribu. Sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kalau kamu dari Kota Jogja langsung saja keĀ jalan Wonosari menuju kecamatan Patuk. Di Patuk kamu akan mendapati sebuah setasiun radio GCD FM, nah setelahnya ada perempatan, lurus arah kota Wonosari, kanan arah Dlingo Bantul, kamu ambil kiri aja sob! Walaupun sebenarnya ambil lurus juga bisa, namun ambil kiri aja biar mudah nunjukin jalan šŸ˜› Ambil kiri sekitar 7 km nanti ada petunjuk arah ke Gunung Api Purba Nglanggeran.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Legenda Ken Dedes

Nglanggeran berasal dari kataĀ “nglanggar” yang mempunyai arti melanggar. Ada cerita dibalik bukit Nglanggeran yang konon merupakan sebuah tempat dimana dijadikan sebagai tempat untuk menghukum warga desa yang pada saat itu ceroboh merusak wayang. Jadi begini ceritanya sob!Ā Ratusan tahun yang lalu, penduduk desa sekitar sedang mengadakan hajatan dengan mengundang seorang dalang untuk mengadakan pesta syukuran hasil panen. Namun, disaat acara sedang berlangsungĀ para warga desa melakukan hal cerobohĀ denganĀ mencoba merusak wayang si dalang. Sang dalang pun murka dan mengutuk warga desa menjadi sosok wayang dan dibuang ke Bukit Nglanggeran yang dikenal dengan Gunung Api Purba Nglanggeran sekarang ini.

Cerita lainnya dari warga sekitar ada beberapa bebatuan besar yang digunakan untuk tempat pertapaan oleh para warga jaman dulu. Menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa atau Jumat Kliwon, beberapa orang memilih semedi di pucuk gunung. Di Gunung Api Purba Nglanggeran ini pula warga pernah menemukan arca mirip Ken Dedes.

KarakteristikĀ Gunung Api Purba Nglanggeran

Berdasarkan penelitian, Gunung Api Purba Nglanggeran ini merupakan gunung berapi yang aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu lalu.Ā Terdapat beberapa lapisan kapur pada Gunung NglanggeranĀ yang berasal dari lapisan dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan jutaan tahun lalu. Gunung ini memiliki bebatuan besar yang menjulang tinggi sehingga biasanya digunakan sebagai jalur pendakian dan tempat untuk pertapaan warga. Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut, dengan luas kawasan pegunungan mencapai 48 hektar. (Wikipedia)

Peta jalur pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Perjalanan Menuju Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Kamu dapat melihat matahari terbit dari Puncak Nglanggeran.Ā Perjalanan menuju puncak gunung akan melewati jalanan tanah serta lorong-lorong bebatuan yang sempit dengan jarak tempuh pendakian lebih kurang dua jam. Wisatawan bisa menapaki puncak tertinggi gunung api purba itu, yaitu Gunung Gedhe. Apabila kamu berangkat sore, kamuĀ dapat menyaksikan matahari yang terbenam. Selain itu, pengunjung juga perlu menggunakan tali untuk mendaki bukit-bukit yang pendek. Di Gunung Nglanggeran kamu tidak perlu takut tersesat karena ada papan petunjuk yang membuat wisatawan tidak mudah tersesat.

Nah ini sob beberapa sahabat yang ikut muncak ke Nglanggeran šŸ™‚

Penunjuk arah puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Naik ke puncak Nglanggeran, yaitu Gunung Gedhe. Kamu harus hati-hati sob! Naiknya harus sambil merangkak untuk menjaga keseimbangan. Kalau pas hujan jalur ini licin sob!

Naik ke puncak Gunung Api Purba Nglanggeran - Gunung Gedhe

Setibanya di puncak Gunung Gedhe, menikmati pemandangan šŸ™‚ Embung Nglanggeran juga terlihat loh dari sini šŸ™‚

Menikmati suasana Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul

Penulisnya narsis dulu aahhh šŸ˜›

Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk Gunungkidul

Gunung Api Purba Nglanggeran Sahabat Seneng Dolan

Gimana sob? Apakah kamu juga tertarik mendaki di Gunung Api Purba Nglanggeran? Aku tunggu sob ceritanya dengan bergabung menjadi kontributor di blog ini šŸ™‚

Retribusi masuk Gunung Api Purba Nglanggeran :

  • Rp 7.000,00 (siang hari)
  • Rp 9.000,00 (malam hari)
  • Rp 15.000,00 (WNA)

Harga tiket masuk Gunung Api Purba Nglanggeran valid 23Ā FebruariĀ 2015.Ā Buka setiap hari selama 24 jam sob! Bisa camping juga dengan menghubungi sekretariat Karang Taruna Nglanggeran šŸ™‚

Alamat : Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baca juga cerita Pantai Gesing Gunungkidul

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.