Air terjun Kedung Kandang, salah satu tempat wisata paling memukau di Gunungkidul Yogyakarta, air terjun yang lagi ngetrend dikalangan para traveler. Setidaknya para pecinta objek wisata Gunungkidul sudah pernah kesini kan? 🙂 Nah, air terjun Kedung Kandang ini terletak di persawahan Bendo dusun Sendangsari, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul. Letaknya tidak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran kok! Gak sampe 5 menit sudah sampai 🙂

Kedung Kandang memang menawan sob! Kamu harus kesana! segera! Kenapa harus segera kesana? karena air terjun terletak di dataran tinggi sob! air yang mengalir sebagian besar adalah aliran air hujan, jadi bila sudah musim kemarau kamu tidak bisa melihat derasnya air yang mengalir di air terjun tersebut. Masa iya cuma nonton batu saja hehee 😛

Air Terjun Kedung Kandang Patuk Gunungkidul
Air Terjun Kedung Kandang Patuk Gunungkidul

Ancer-ancer bila kamu dari kota Jogja

Sebelum SMP N 2 Patuk masuk kiri ke arah desa Bobung, ketemu perempatan jika lurus arah desa wisata, kamu ambil kiri ke arah Nglanggeran, nanti bakal ketemu warung mie ayam mbak Ning (mie ayam piring sebelah kanan jalan), nah kamu ambil yang kiri sob! sekitar 200 meter ketemu lapangan voli, selanjutnya kamu bisa menitipkan kendaraan kamu pada penduduk sekitar.

Ancer-ancer dari Wonosari

Kamu tahu pertigaan Sambipitu? nah, kanan ke arah Nglanggeran ada warung mie ayam Bu Ning (sebelah kanan jalan) masuk kekiri sekitar 200 meter, ketemu lapangan voli, titipkan kendaraan kamu ya!

Ow iya, kendaraan bisa kamu parkir dengan menitipkannya ke warga sekitar yang sudah stanby di dekat lapangan voli. Disediakan kotak sumbangan sukarela untuk parkir dan mengelola lokasi wisata Curug Kedung Kandang. Sebagai traveler yang bijak, kita harus mendukung dengan ikhlas 🙂

Ayook berangkat!

Kamu harus melewati jalan setapak di persawahan dengan jarak sekitar 300 meteran dari tempat parkir kendaraan sampai ke air terjun Kedung Kandang. Perjalanan yang sangat menantang karena jalan yang licin dan berlumpur, bahkan sampai harus lepas sandal jika sandal kamu baru bagus bukan tipe sandal adventure. Oh iya! karena melewati area persawahan kamu harus menghargai para petani/warga ya sob! DILARANG merusak tanaman padi! Sebagai traveler/pecinta objek wisata Gunungkidul kita harus selalu menjaga ekosistem dan kelestarian alam sob!

Air Terjun Kedung Kandang
Jangan injak tanaman padi ya! @ Kedung Kandang
Jalan menuju Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul
Selamat Menikmati Alam Kita @ Kedung Kandang
Jalan Setapak - Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul
Semangat Lurr @ Kedung Kandang

Disamping harus melewati area persawahan, kamu juga harus menyeberangi sungai atau bahkan harus menyusuri sungai untuk dapat mencapai tujuan air terjun Kedung Kandang 🙂

Susur Sungai - Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul
Menyusuri Sungai @ Kedung Kandang Gunungkidul
Susur Sungai - Jalan menuju Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul
Melewati Sungai @ Kedung Kandang

Bisa-bisanya ada goweser sampai kesini, rela angkat sepeda untuk berfoto ria 😀 Kereeenn….

Goweser - Kedung Kandang Gunungkidul
Goweser @ Kedung Kandang

Rasanya ada yang kurang kalau nggak narsis dulu.. Ayeeee 😀

Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul - Tirta Wahyu
Tirta Wahyu @ Kedung Kandang Gunungkidul

Nah, berikut aku rangkum beberapa pertanyaan dan jawaban untuk memudahkan kamu menemukan Air Terjun Kedung Kandang,

FAQ (Frequently Asked Question)

  • Dimana air terjun Kedung Kandang?
    dekat Nglanggeran, tepatnya di dusun Sendangsari, desa Putat, kecamatan Patuk, kabupaten Gunungkidul
  • Transportasi dari kota Jogja?
    ada bus jurusan Jogja-Wonosari, menuju objek pakai ojek
  • Ancer-ancer/Rute jalan?
    coba baca ceritaku dari awal sob! sudah tak sebutkan ancer-ancernya
  • Berapa sih biaya masuknya? Parkir?
    biaya masuk dan parkirnya sukarela sob! karena masih dalam tahap pengembangan (valid Februari 2015)
  • Jauh nggak dari lokasi parkir?
    nggak jauh kok! kamu harus berjalan 300 meter menyusuri area persawahan dan sungai, hati-hati licin
  • Ada alternatif jalan lain nggak?
    ada, hanya saja aku kemarin nggak lewat jalan yang satunya, yang lewat atas air terjun
  • Emang ada larangan-larangannya?
    ada sob! dimanapun kamu pasti dilarang bicara kotor, dan tentunya di air terjun Kedung Kandang kamu harus hati-hati karena melewati area persawahan, jangan merusak tanaman padi sob!

Numpang nampang lagi sob! 😀

Air Terjun Kedung Kandang Patuk Gunungkidul - Tirta Wahyu
Tirta Wahyu @ Air Terjun Kedung Kandang

Hikmah yang aku dapatkan: “Banyak arti kehidupan yang akan kita temui disepanjang perjalanan, kita harus pandai berucap syukur atas keindahan ciptaan Tuhan YME.”

Happy traveling 🙂

Baca juga cerita tentang Pantai Pasir Putih di Pulau Tidung

13 COMMENTS

  1. ahhew, besok kapan2 kita barengan ya gan kesananya. kalo ga bareng gw doain lu cepet lulus
    :v
    salam genk telo
    salam persatuan
    salam sayank
    salam kangen
    salam cinta
    salam indonesia

  2. Dua kali ke Gunung Api Purba selalu gagal ke air terjun ini dan Embung. Setelah baca dan lihat foto-fotonya langsung mupeng. Mesti ngulang lagi nih… demi air terjun kedung kandang… 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.