61. Situs Megalitik Sokoliman, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo

  • Peninggalan periode prasejarah di dusun Sokoliman II berupa menhir, fragmen menhir, dan dinding kubur batu.

62. Situs Gunungbang, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo

  • Situs megalitik yang ada di dusun Gunungbang Bejiharjo, peninggalan sejarah berbentuk kubur batu.

63. Pertapaan Kembang Lampir, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang

  • Dibangun pada periode Islam. Tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan pada jamannya.

64. Air Terjun Sri Gethuk, Desa Bleberan, Kecamatan Playen

  • Berada di Desa Wisata Bleberan, dekat Sungai Oya, tempat pemancingan, susur sungai dengan perahu/pelampung.

65. Dam Beton Indah dan Bendungan Simo, Dam Beton Indah terletak di Desa Umbulrejo dan Bendungan Simo terletak di Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong.

  • Outbound Area, terdapat permainan flying fox, tempat pemancingan, warung lesehan menu ikan air tawar segar. Di perjalanan bisa melihat hamparan padi hijau dan subur di atas sawah.

66. Rest Area Bunder, Desa Bunder Kecamatan Patuk

  • Tempat peristirahatan sementara (stop over) berbentuk pendopo di dekat Sungai Oya dan hutan lindung. Ada di pinggir jalan raya Jogja-Wonosari, sekitar 30 km dari Yogyakarta. Fasilitas: listrik, MCK, pendopo, parkir luas, tempat bermain anak, Outbound Area, Camping Ground.

67. Alun-alun Wonosari (Alun-alun Pemda), Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari

  • Wisata kuliner dan wisata keluarga di malam hari, tersedia berbagai kuliner lesehan dan arena bermain anak-anak seperti becak hias, andong, mobil dan motor anak. Tempat peristirahatan sementara wisatawan yang akan ke/dari obyek wisata Gunungkidul untuk sholat di masjid Agung Wonosari. Biasa untuk tempat istirahat sementara komunitas penggemar motor luar daerah yang berwisata pada akhir pekan.

Tuh kan banyak banget sob! Masih banyak loh lokasi lain sebagai tempat tujuan wisata di Kabupaten Gunungkidul seperti pantai tersembunyi karena letak yang lumayan sulit dijangkau dan belum banyak ter-ekspose, goa-goa karst, situs-situs peninggalan sejarah, dll. Rata-rata destinasi wisata Gunungkidul tersebut dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan membantu kemajuan kepariwisataan di Gunungkidul Yogyakarta.

Nah! Ayo siapa yang belum berkunjung ke Gunungkidul? 😀

Rekomendasi wisata di Gunungkidul lainnya: Air Terjun Kedung Kandang

2 COMMENTS

  1. Ada puluhan pantai yang terbentang di Gunungkidul, hampir semuanya sebelum terkenal adalah tempat-tempat para pemancing. Seperti Bekah dll, itu dulunya adalah spot paling bagus untuk memancing. setelah ramai, malah tergeser para penghobi Jorang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.