Wow lagi-lagi ada tempat hits nih sob! Jembatan Sesek Mangir Kali Progo, jembatan yang terletak di desa wisata Mangir, Bantul, Yogyakarta. Menghubungkan dengan wilayah Lendah, Kulon Progo. Mengapa disebut Jembatan Sesek? Jawabannya karena jembatan ini terbuat dari bambu yang ditata sedemikian rupa hingga membentuk sebuah jembatan di Sungai Progo. Lebar jembatan ini hanya sekitar 1.5 meter saja, sudah cukup untuk lewat motor dan sepeda.

Jembatan Sesek Kali Progo ini termasuk tempat paling hits di Jogja. Kenapa? Jembatan ini memiliki daya pikat yang membuat setiap orang yang menyukai halan-halan berkeinginan untuk ke sana. Kalau kamu anak instagram yang berdomisili di Jogja pasti tau tempat ini. Anak kekinian banget 😛

Jembatan Sesek Mangir Kulon Progo
Jembatan Sesek Mangir Kali Progo

Tuh kan memikat banget! Pengen orang yang pertama lihat pasti pengen ke jembatan sesek tersebut (mungkin).

Sebenarnya aku dah pernah ke jembatan ini saat gowes bersepeda 2014 lalu dengan rekan goweser Ari W (ig: @ariwyo). Karena tempatnya nge-hits lagi akhir-akhir ini, jadi aku sempatkan untuk kesana lagi bulan Juli 2015 kemarin 🙂

Oh iya, ini cerita yang aku tulis di personal blogku: Gowes asik ke Jembatan Sesek Kali Progo.

Jembatan Sesek Mangir itu sejak aku kesana 2014 sempat hanyut terbawa arus saat banjir. Namun dibangun kembali karena merupakan kebutuhan warga sekitar untuk menyeberang daripada harus jalan memutar jauh-jauh melewati jembatan Srandakan-Brosot yang memakan waktu lebih lama.

Jembatan Sesek Sungai Progo

Rute ke Jembatan Sesek Kali Progo

Rute yang dilalui untuk menuju ke Jembatan Sesek Mangir Kali Progo tidaklah berat. Kamu bisa melewati Lendah Kulon Progo atau Pijenan, Wijirejo. Nah, kalau aku sendiri memilih untuk melewati melewati jalan disebelah selatan pasar Pijenan Wijirejo mengikuti jalan utama berupa jalan aspal.

Perjalanan ke Jembatan Sesek Mangir melewati hamparan sawah luas nan indah menuju desa Ngentak Mangir. Disanalah kamu akan mendapati papan petunjuk arah yang menunjukan arah ke Brosot, Lendah, Sentolo, Bantul. Kamu bisa mengambil jalan arah ke Lendah, karena melalui jalan itu kamu bisa langsung mendapati Jembatan Sesek tersebut.

Jembatan Sesek Kali Progo

Oh iya sob! Jika kamu melewati jembatan sesek ini, kamu diwajibkan membayar iuran sebesar Rp. 2.000,- yang nantinya akan digunakan sebagai uang perawatan jembatan. Bisa juga digunakan untuk membangun kembali jembatan sesek yang hanyut terbawa arus banjir.

Kalau kamu cuma foto-foto saja tanpa melewati jembatan tersebut, telat disiapkan lahan parkir untuk memarkirkan kendaraanmu dengan membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000,-

Kamu bisa bereksplorasi untuk pengambilan foto, bisa dari seberang timur wilayah Ngentak Mangir maupun dari seberang barat wilayah Lendah Kulon Progo. Pokoknya puas-puasin disana walau hanya sekedar foto-foto atau menikmati kesejukan dan pemandangan alam sekitar sungai Progo.

Galeri foto Jembatan Sesek Mangir Kali Progo:

Jembatan Sesek Progo

Jembatan Sesek Mangir Sungai Progo

Jembatan Sesek Mangir Kali Progo

Numpang nampang dulu boleh dong 😀

Jembatan Sesek Mangir

Nah! Itulah sedikit cerita dariku tentang Jembatan Sesek Mangir. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan referensi untuk melakukan perjalanan di masa liburan 🙂

Hal yang perlu kalian ingat sob!

  1. Tetap jaga kelestarian alam kita dengan tidak merusaknya.
  2. JANGAN membuang sampah sembarangan!

Kamus:

  • jembatan sesek = jembatan terbuat dari bambu yang ditata berjajar dan memanjang.

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.