Bantul Projotamansari merupakan salah satu wilayah kabupaten paling selatan di Yogyakarta. Memiliki beberapa pantai menarik berpasir hitam. Beberapa diantaranya ada pantai di Bantul yang memiliki pohon-pohon cemara dan ada juga pantai dengan pohon bakau.

Walau berpasir hitam, pantai di Bantul memiliki ciri khas yang tidak dijumpai di Pantai Gunungkidul. Berikut daftar nama-nama pantai yang terdapat di kabupaten Bantul :

1. Pantai Parangtritis di desa Parangtritis, kecamatan Kretek

Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak Pemkab Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.
Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda & kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat untuk olahraga udara/aeromodeling.

2. Pantai Mancingan di desa Parangtritis, kecamatan Kretek

Pantai Mancingan Baru terletak di kawasan wisata Pantai Parangtritis. Pantai yang baru dikembangkan ini merupakan pemekaran dari kawasan Pantai Parangtritis yang bertujuan memunculkan kawasan wisata pantai yang terpadu dan modern.

3. Pantai Parangkusumo di desa Parangtritis, kecamatan Kretek

Pengunjung dapat menikmati pantai selatan Pulau Jawa dengan ombak yang keras. Di pantai ini juga terdapat petilasan yang dipercaya merupakan jejak sejarah Panembahan Senopati. Pada masyarakat Yogyakarta terdapat folklor tentang pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul.

Setiap tahun, Kraton Yogyakarta menyelenggarakan upacara labuhan di pantai ini, bertepatan dengan peringatan kelahiran sultan yang berkuasa.

4. Pantai Pelangi di desa Parangtritis, kecamatan Kretek

Pantai Pelangi berlokasi di barat Pantai Parangkusumo atau timur Pantai Depok. Kawasan tersebut tidak sekadar menawarkan pesona pantai. Namun pengunjung juga bisa berburu ikan segar di kawasan itu.

5. Pantai Depok di desa Parangtritis, kecamatan Kretek

Lokasi pantai ini sebelum pantai Parangtritis. Yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain di sepanjang laut selatan adalah dijualnya ikan laut segar hasil kerja keras pelaut. Harganya lumayan miring. Bisa ditawar lagi.
Ada pasar yang menjual ikan – ikan tersebut, seperti bawal, udang, kakap laut, kerapu dll.

Penjualnya ramah-ramah. Begitu kita mulai melancarkan aksi tawar menawar dengan salah satu penjual, kita segera didekati oleh salah satu pemilik warung makan yang menyedikan jasa untuk menggorengkan atau membakar ikan yang kita beli.

6. Pantai Samas di desa Srigading, kecamatan Sanden

Pantai Samas adalah pantai yang terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Oleh Sub Dinas Perikanan Provinsi DIY, telaga-telaga tersebut digunakan untuk pengembangan perikanan, penyu dan udang galah serta untuk lokasi pemancingan.

Di pantai ini, sering diadakan ritual keagamaan oleh masyarakat Yogyakarta seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Pantai Samas berbatasan dengan Pantai Patehan di barat dan Pantai Parangtritis di timur. Selain ombaknya yang besar, pantai Samas terkenal dengan angin lautnya yang kencang dan bibir pantai yang curam serta pantainya yang berpasir hitam.

Hamparan pasir Pantai Samas sering digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Blimbing, dan Penyu Lekang. Berburu telur-telur penyu di sepanjang hamparan pantai tersebut sering dilakukan oleh nelayan setempat untuk berbagai keperluan. Namun, atau prakarsa dan kesadaran sejumlah nelayan pantai Samas bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Yogyakarta serta sejumlah lembaga swadaya lingkungan maka dibentuk Forum Konservasi Penyu Bantul dengan anggota para nelayan yang dulunya berburu telur panyu.

7. Pantai Pandansari (Patehan) di desa Gadingsari, kecamatan Srandakan

Pantai Pandansari merupakan satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki mercusuar tinggi dan bisa didaki menggunakan anak tangga melingkar. Dari puncak mercusuar wisatawan bisa menyaksikan deretan pantai sepanjang Bantul hingga Kulonprogo.

Pantai Pandansari terletak satu deret dengan Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Kuwaru, dan Pantai Pandansimo. Tidak ada angkutan umum menuju Pantai Pandansari sehingga wisatawan wajib membawa kendaraan pribadi. Dari Yogyakarta Anda cukup menyusuri Jalan Bantul. Dari Kota Bantul perjalanan masih dilanjutkan ke arah selatan. Setelah sampai di pertigaan sebelum Pantai Samas, silahkan belok kanan dan ikuti petunjuk arah yang ada.

8. Pantai Goa Cemara di desa Poncosari, kecamatan Srandakan

Seperti kebanyakan pantai yang berada di kawasan Bantul, Pantai Goa Cemara memiliki pasir berwarna hitam dengan ombak yang cukup besar.

Yang membuat pantai ini spesial adalah keberadaan tanaman cemara udang yang rimbun di area pantai. Nama Gua Cemara-pun diambil dari rimbunnya pohon cemara di pinggir pantai.

9. Pantai Kuwaru di desa Poncosari, kecamatan Srandakan

Pantai Kuwaru ini juga salah satu pantai yang terletak di Bantul sebelah timur Pantai Pandansimo. Secara administratif lokasi pantai Kuwaru masih termasuk dalam wilayah dusun Kuwaru Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan. Jarak sekitar 29 km dari kota Yogyakarta.

Satu hal yang membuat Pantai ini berbeda dengan pantai lain yang ada di Bantul yaitu di Pantai Kuwaru Anda bisa menikmati hembusan tiupan angin pantai sambil makan maupun bersantai di bawah rindangnya pohon cemara. Rindangnya Pantai Kuwaru ini karena usaha penghijauan yang dilakukan oleh warga sekitar lokasi pantai.

10. Pantai Baru di desa Poncosari, kecamatan Srandakan

Pantai ini terus dikembangkan sebagai Wisata Alam, Wisata pendidikan yang berbasis teknologi yaitu kincir angin yang merupakan pembangkit tenaga listrik, dan juga agrowisata, serta Perikanan dengan memiliki jumlah kolam sebanyak 10 dan disini juga terdapat peternakan 150 kandang dengan beranggotakan kelompok nelayan yang berjumlah sekitar 96 orang.Pantai Baru berada di sebelah barat Pantai Kuwaru dan di sebelah timur Pantai Pandansimo.

Lokasinya ada di Desa Poncosari, Srandakan, Kabupaten Bantul. Dari kota Bantul ke arah barat menyusuri jalur lintas selatan hingga tepat sebelum jembatan Srandakan yang ada di atas Kali Progo, kemudian belok ke kiri. Hanya ada satu jalur sehingga Anda tidak mungkin tersesat. Sampai bertemu dengan pertigaan, dengan papan petunjuk disitu. Jika belok kiri, Anda akan masuk ke Pantai Kuwaru, dan jika ke kanan, Anda akan masuk ke Pantai Baru atau bisa juga ke Pantai Pandansimo yang berada di sebelah barat Pantai Baru ini.

11. Pantai Pandansimo di desa Poncosari, kecamatan Srandakan

Pandansimo berasal dari kata “pandan” yang berarti pohon pandan dan “simo”: macan. Di pantai ini terdapat berbagai wisata tradisi, seperti  Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Disamping beberapa pesona tersebut, pantai ini juga menawarkan wisata religi seperti di Pandanpayung dan Pandansari.

Jika anda berkunjung ke sini maka anda akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan cemara. Tidak ada nuansa panas di pantai ini. Selain itu pasir di pantai ini seperti pasir sungai (lebih besar dan lembut) pasir ini diyakini sebagai pijat urat melalui lewat telapak kaki.

Dari sekian banyak pantai yang ada di Yogyakarta, ternyata paling banyak berada di Kabupaten Gunungkidul. Berbagai pantai menarik ada disana. Walaupun begitu, pantai di Bantul juga menarik untuk dikunjungi 😀

Kalau ada pantai di Bantul yang belum disebutkan diatas, bantu tambahkan dengan berkomentar yah! Matur thanks 🙂

Tempat hits di Jogja: Kali Oyo Imogiri Bantul

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.