Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata yang paling hits baru-baru ini di Bandung, Jawa Barat. Pada musim liburan kawasan kawah putih ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Kalau kamu lagi di kota Bandung, wilayah Ciwidey terletak di sebelah selatan kota Bandung sekitar 50 km.

Kawah Ciwidey ini dahulunya terbentuk dari letusan gunung Patuha jutaan tahun yang lalu. Disebut dengan Kawah Putih karena memang kawahnya berwarna putih kehijauan. Kadar belerang-lah yang menyebabkan warna putih pada kawah tersebut.

Menurut rujukan yang kami rangkum dari Wikipedia, Kawah Putih Ciwidey terletak di ketinggian kurang lebih diatas 2090 mdpl, tepatnya dibawah puncak tertinggi Gunung Patuha (Kawah Putih – https://id.wikipedia.org/wiki/Kawah_Putih).

Keindahan kawah putih Ciwidey ini telah menarik perhatian banyak orang, sehingga kerap kali digunakan untuk pengambilan gambar, seperti pre-wedding, melukis alam, serta pembuatan film.

Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kawah Putih Ciwidey Bandung via kawahputihciwidey.com

Wisata alam lainnya:

Sejarah bermulanya Kawah Putih Ciwidey

Berawal dari letusan dahsyat beberapa puluh tahun yang lalu, tepatnya sekitar abad ke-10. Banyak orang mengira kawah putih tersebut merupakan tempat yang angker, karena beberapa kali makhluk hidup yang melintasi daerah tersebut mengalami kematian.

Itulah sebabnya sampai pada tahun 1837 tidak ada yang berani mendekat akibat kepercayaan itu. Namun kemudian ada seorang ahli bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang berniat untuk meniliti puncak Gunung Patuha demi kemajuan ilmu pengetahuan.

Dalam perjalanannya seorang Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak Gunung Patuha. Di puncak gunung daerah Ciwidey tersebut sang ilmuwan menemukan sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang sangat menyengat.

Dan sejak tahun 1987 kawah putih menjadi terkenal di kalangan wisatawan. Saat itulah pemerintah daerah mulai serius menggarap Kawah Putih sebagai tempat wisata hingga sekarang.

Wisata Kawah Putih Bandung
Wisata Kawah Putih Bandung via pariwisata4indonesia.wordpress.com

Wisata Jawa Barat lainnya:

Akses menuju lokasi kawah putih

Tentunya kamu bertanya-tanya dimana lokasinya dan bagaimana medan yang harus ditempuh untuk menuju Kawah Putih Ciwidey.

Untuk menuju kawasan wisata tersebut sangatlah mudah. Apabila kamu pengunjung dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat,  maka kamu dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, kemudian melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang.

Lalu dari Soreang langsung lanjutkan ke Ciwidey dan sampai kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.

Nah, bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum, untuk menujun ke kawah putih juga sangatlah mudah dijangkau. Ambilah jalur terminal Leuwi Panjang – kemudian dilanjutkan ke terminal Ciwidey – dan sampailah dilokasi Kawah Putih.

Fasilitas di Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata yang bagus adalah tempat wisata yang menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kebutuhan para wisatawan. Tentunya di kawasan wisata Ciwidey juga telah di sediakan beberapa fasilitas, seperti toilet, mushola, area parker yang luas, transportasi dari gerbang ke kawah putih, pusat informasi, tempat makan, dan masih banyak lainnya. Standar seperti tempat-tempat wisata lainnya.

Harga tiket Kawah Putih

Harga tiket Kawah Ciwidey relatif murah, yaitu sebesar 15 ribu rupiah saja setiap orangnya. Dan harganya pun sama meskipun weekend.

Hanya saja tiket parkir kendaraan di sana lumayan mahal. Parkir mobil di atas kamu harus mengeluarkan biaya 150 ribu, untuk motor 35 ribu. Kemudian parker mobil di bawah 6 ribu, dan motor 5 ribu saja. Parkir bus berada di bawah dengan biaya parkir sebesar 25 ribu rupiah saja.

Jam operasional Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey buka jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Perkirakan waktu yang tepat sesuai dengan cuaca pada hari dimana kamu ingin dating ke sana.

Kawah Putih Bandung
Kawah Putih Bandung via fumarolla.wordpress.com

Panduan berwisata ke Kawah Putih Ciwidey

Kawah Ciwidey merupakan wilayah beriklim dingin karena di pucak gunung Patuha. Maka dari itu persiapkanlah beberapa pakaian hangat ataupun penghangat badan. Meskipun dingin, pakailah sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Karena bau belerang yang sangat menyengat yang muncul dari kawah, maka pakailah masker yang berkualitas. Beli di apotik langganan kamu. Tapi tenang, di sana juga sudah ada yang menjual masker.

Setibanya di kawah kamu harus extra hati-hati. Bau belerang yang sangat menyengat bisa mengganggu pernafasanmu. Hindari berlama-lama di kawah, karena dapat membuat dada sesak. Kami sarankan bagi penderita asma mending nggak usah berwisata ke kawah ini.

Selanjutnya kamu tak perlu kawatir tentang masalah penginapan. Di sekitar kawasan wisata Ciwidey sudah banyak disediakan penginapan murah dan hotel yang terjangkau tarifnya.

Kalau kamu backpacker silahkan minta ijin untuk mendirikan tenda dengan petugas yang bersangkutan di wilayah tersebut.

Selamat berlibur sobat 😀

Alamat lengkap Kawah Putih Ciwidey:

Gunung Patuha, Kawasan Wisata Kawah Putih (Jalan Babakan Jampang, Ciwidey), Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Peta Lokasi: https://www.google.com/maps/place/7%C2%B008’31.6%22S+107%C2%B023’51.2%22E/@-7.142117,107.3953783,17z/data=!3m1!4b1!4m2!3m1!1s0x0:0x0

Koordinat GPS: -7.142117,107.397567

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.