Seakan tidak ada habisnya membahas pesona Bandung. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan maupun keluarga.

Salah satunya adalah pesona Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu. Siapa sih yang nggak tau gunung ini? Masa nggak tau? Waktu sekolah kan sudah pernah dibahas 🙂

Tangkuban Perahu di Bandung ini dikenal dengan legenda Sangkuriang yang akan menikahi ibunya sendiri dengan syarat membuat danau. Dah nggak perlu dibahas mendetail. Fokus pesona wisatanya saja ya!

Gunung ini berada diwilayah Jawa Barat, tepatnya sekitat 20 km menuju ke utara pusat Kota Bandung. Tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dengan rimbunan pohon pinus. Ditambah lagi dengan hamparan kebun teh yang berada disekitar Gunung Tangkuban Perahu.

Taman Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Taman Wisata Tangkuban Perahu Bandung via nengdhira.com

Wisata Bandung lainnya : Kawah Putih Ciwidey

Seperti yang telah kita ketahui, Gunung Tangkuban Perahu itu tinggi coy! Kurang lebihnya 2.084 meter diatas permukaan laut.

Gunung ini berjenis Stratovulcano, dimana pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Gunung ini juga mengeluarkan materi letusan berupa lava dan sulfur.

Kalau kamu akan ke sana, sebaiknya mempersiapkan pakaian hangat sob! Karena suhu rata-rata sehari-harinya adalah 17 derajat celcius di siang hari. Dan pada malam hari suhu mencapai 2 derajat celcius.

Bentuk gunung ini tidak seperti kebanyakan gunung yang lainnya, bentuknya seperti perahu, maka sebab itu dinamakan Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Seringkali lokasi tersebut digunakan untuk prosesi pemotretan model, pre-wedding, dll.

Gunung Tangkuban Parahu ini masih Aktif

Jangan salah sob! Gunung yang memiliki berjuta pesona ini masih aktif statusnya, dan terus diawasi oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Ada beberapa kawah yang masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Jadi tetap harus waspada bila berkunjung ke sana.

Salah satu tanda aktifnya Gunung Tangkuban Perahu adalah adanya gas belerang yang selalu menyembur. Beberapa  sumber-sumber air panas di kaki gunung juga menjadi tanda keaktifan gunung ini.

Diberitakan pada tahun 2006 Gunung Tangkuban Parahu pernah meletus dengan skala kecil. Beberapa orang mengalami luka ringan.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu via informsss.blogspot.com

Bandung dulunya adalah sebuah danau?

Ternyata wilayah Bandung dulunya adalah sebuah danau yang sangat besar. Ini berdasarkan bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan kebawah dengan beberapa bukit dan gunung di setiap sisinya.

Hal tersebut menguatkan teori ilmiah yang meyakini keberadaan sebuah danau atau telaga besar yang kini merupakan kawasan Bandung.

Para pakar geologi meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian sekitar 709 meter di atas permukaan laut ini merupakan sisa dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum.

Danau yang terbentuk oleh letusan gunung api purba yang telah dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif.

Fenomena yang sama seperti ini dapat dilihat pada peristiwa Gunung Krakatau di Selat Sunda dan kawasan Ngorongoro di Tanzania, Afrika.

Letusan gunung purba jutaan yang lalu menyebabkan Gunung Tangkuban Perahu mempunyai 3 kawah. Beberapa kawah tersebut diantaranya adalan Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu.

Kawah Upas – Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Upas - Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Upas – Gunung Tangkuban Perahu via dianalvaro.wordpress.com

Salah satu kawah di Tangkuban Perahu yang tidak begitu besar. Medan yang harus dilalui untuk menuju ke kawah ini lumayan terjal. Hanya sedikit saja yang wisatawan yang mencapai kawah ini.

Kawah Domas – Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Domas - Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Domas – Gunung Tangkuban Perahu via wisatawanalam.blogspot.com

Salah satu kawah yang kamu bisa melihat lebih dekat, tentunya lebih safety bila didampingi dengan pemandu lokal. Menariknya kamu bisa merebus telur di kawah panas ini.

Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu - Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Perahu via anekawisatanusantara.blogspot.com

Kawah yang paling besar diantara kawah yang disebutkan diatas. Kawah Ratu ini hanya boleh dilihat dari kejauhan, ditempat yang lebih tinggi dan dipagari kayu demi keselamatan para pengunjung.

Harga tiket masuk ke objek wisata Gunung Tangkuban Perahu

Harga tiket masuk berbeda untuk wisatawan asing dan wisatawan lokal

Untuk wisatawan lokal/domestik:

  • Tiket masuk: Rp 13.000
  • Parkir motor: Rp 5.000
  • Parkir mobil: Rp 10.000
  • Parkir bus: Rp 20.000

Dan untuk wisatawan asing:

  • Tiket masuk: Rp 50.000
  • Parkir motor: Rp 7.000
  • Parkir mobil: Rp 15.000
  • Parkir bus: Rp 25.000

Wisata Bandung lainnya : Trans Studio Bandung

Akses menuju lokasi objek wisata Tangkuban Perahu

Akses jalan menuju Gunung Tangkuban Perahu sangatlah mudah. Apabila kamu berada di pintu keluar tol Pasteur, langsung saja menuju ke Jalan Dr. Djunjunan – Pasirkaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang – Gunung Tangkuban Perahu.

Dan jika kamu melalui pintu tol Padalarang, langsung saja menuju arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – sampai pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu.

Sedangkan apabila kamu menggunakan kendaraan umum, maka rute yang harus kamu tempuh adalah sebagai berikut:

Bila kamu dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung-Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.

Dan bila kamu dari Stasiun Hall (Bandung) – naik angkot jurusan Stasiun Hall-Lembang – turun di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – naik angkot jurusan Lembang-Cikole – turun di pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Objek wisata: Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Lokasi: Jawa Barat

Alamat: Cikole, Lembang, Bandung Utara.

Referensi:

Gunung Tangkuban Perahu – Bandung – https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Tangkuban_Parahu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.