Pada tahun 824 Masehi seorang raja dari wangsa Syailendra bernama Samaratungga memutuskan untuk membangun tempat pemujaan (candi) yang kelak akan dinamai Borobudur.

Candi ini kemudian dikenal sebagai Candi Borobudur. Ketika Indonesia merdeka, UNESCO membantu pemerintah Indonesia dalam proses pemugaran. Candi ini merupakan yang terbesar di Indonesia, dan menjadi salah satu keajaiban dunia.

Luas bangunan Candi Borobudur adalah 123×123 m dengan tinggi bangunan 34,5 m dan memiliki 1460 relief, 504 arca Buddha serta 72 stupa. Candi ini dibangun bertingkat dengan sepuluh pelataran.

Tempat Wisata di Jawa Tengah : Pandawa Solo

Hal itu melambangkan sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha. Sepuluh tingkat tersebut terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar, dan sebuah stupa sebagai puncaknya.

Nama Borobudur menurut beberapa ahli berarti Bodara atau gunung. Nama itu diberikan karena desain pembangunan Borobudur berupa punden berundak dari batu kali vulkanik yang disusun bertingkat dan besar, menyerupai sebuah gunung.

Pendapat lain mengatakan bahwa Borobudur merupakan tempat untuk memuja raja-raja Syailendra yang sudah meninggal.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu tempat tujuan wisata utama di Indonesia. Pengunjungnya tidak hanya wisatawan domestic, namun setiap hari terdapat pengunjung dari luar negeri.

Mereka datang jauh hanya untuk menyaksikan sebuah kemegahan candi yang terletak di Magelang itu.

Candi Borobudur Magelang
Candi Borobudur Magelang – via IG @vibenaviagem

Lokasi Candi Borobudur

Alamat lengkapnya berada di Jalan Badrawati, Borobudur, Magelang, Provinsi Jawa tengah. Lokasi tersebut berada di sekitar 40 km barat laut kota Yogyakarta, 7 km arah selatan Kota Magelang, dan 100 km sebelah barat daya Semarang.

Wisata Candi Borobudur menyediakan fasilitas dan akomodasi yang cukup lengkap. Hotel/penginapan, toko cinderamata, pom bensin, toilet umum, rumah makan, dan sarana komunikasi seperti wartel dan warnet.

Di sekeliling Candi ini juga terdapat banyak andong (kereta kuda) yang bisa kamu manfaatkan untuk berjalan berkeliling menikmati keindahan candi Borobudur. Terdapat juga kereta bermesin untuk kamu yang malas untuk berjalan sampai ke Candi.

Candi Borobudur Jawa Tengah
Candi Borobudur Jawa Tengah – via IG @gokottacollections

Harga tiket masuk Candi Borobudur

Anak atau pelajar :

  • Rp. 12.500,- untuk wisatawan domestik
  • 10 USD untuk mancanegara

Dewasa :

  • Rp. 30.000,- untuk wisatawan domestik
  • 20 USD untuk mancanegara

Selain satu lokasi sekali jalan , pengelola taman wisata Candi Borobudur juga menyediakan tiket dalam bentuk paket khusus wisatawan mancanegara. Untuk paket tiket ini digabung dengan tiket masuk candi lainnya yaitu Candi Ratu Boko dan Prambanan.

Di dekat candi Borobudur juga terdapat museum yang menyimpan berbagai barang bersejarah dari candi Borobudur.

Selain itu terdapat Candi Pawon dan mendut yang merupakan warisan nenek moyang yang patut kita ketahui. Kamu dapat sekaligus mengunjunginya karena letaknya dekat dengan candi Borobudur.

Candi Borobudur selalu ramai pengunjung. Terutama di hari libur nasional, tempat wisata nan mempesona ini pasti padat dikunjungi wisatawan.

Candi Borobudur Magelang Jateng - via IG @soulfunkjazz
Candi Borobudur Magelang Jateng – via IG @soulfunkjazz

Jam buka dan suasana Candi Borobudur

Setiap harinya Candi Borobudur dibuka untuk umum pada pukul 06.00 WIB, dan tutup pada pukul 17.00 pada sore hari.

Cuaca Borobudur pada siang hari cukup panas. Disarankan kamu memakai topi atau payung untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari secara langsung. Jangan lupa juga untuk membawa persediaan air yang cukup, agar kamu tidak merasa haus.

Dengan mengamati relief Candi Borobudur, kamu akan memahami sejarah dan memaknai apa sesungguhnya pesan yang tersirat pada relief itu. Selain itu, Candi Borobudur dapat kamu jadikan objek pemotretan bagi kamu para model dan fotografer profesional.

Atau bagi kamu yang sekadar ingin refreshing, dapat pula berkunjung kesini bersama keluarga dan orang terkasih.

Tempat Wisata di Jawa Tengah : Candi Cetho Karanganyar

Demikianlah sedikit informasi mengenai Candi Borobudur. Selain berwisata, kamu akan memperoleh banyak ilmu mengenai sejarah dan berbagai makna lainnya.

Oh ya, terdapat mitos menarik di Candi ini. Jika tangan kamu mampu meraih patung stupa pada puncak Borobudur, keinginan kamu akan dikabulkan.

Karena kita orang Indonesia tidak dapat dipisahkan dari mitos dan tahayul yang berkembang pada masyarakatnya. Tapi itu dikembalikan kepada kamu semua, untuk memilih yakin atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.