Jika mendengar kota Bandung, satu hal yang akan teringat dari julukan kota Bandung adalah Paris Van Java atau disebut dengan Parisnya Jawa, atau juga disebut dengan kota kembang.

Bandung yang terkenal dan sangat pesat dengan dunia fashionnya, bahkan menjadi pusat fashion di Jawa itulah yang pada akhirnya mendapat julukan Paris Van Java.

Tidak hanya di dunia fashion, bahkan jika kamu sedang berlibur ke kota Bandung bersama keluarga ada begitu banyak destinasi tempat pariwisata yang dapat kamu kunjungi. Terutama wisata alamnya guys.

Tempat Wisata di Bandung : Curug Gendang

Okkke guys!! pada kesempatan kali ini kita bakal kasih kamu satu dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Bandung yaitu kawah putih Ciwidey.

Akses menuju ke Lokasi Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih merupakan satu dari sekian banyak tempat pariwisata di Bandung yang popular dengan pemandangan kawahnya yang berwarna putih. Lokasi kawah putih ini berada di jalan Raya Soreang Ciwidey sekitar 25 km dari kabupaten Bandung, dan jika dari pusat kota Bandung, berjarak kurang lebih 50 km ke arah selatan Bandung dan berlokasi tidak jauh dari lokasi Situ Patenggang Ciwidey.

Untuk akses menuju ke kawah putih cukup gampang, kamu bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Baik dari kendaraan roda empat ataupun roda dua. Untuk menuju destinasi tersebut, para pengunjung baik dari domestic atau Internasional lebih banyak menggunakan kendaraan umum atau travel karena dengan menggunakan jasa travel maka akan lebih gampang, gak ribet, gak pusing-pusing untuk mencari lokasinya, serta lebih hemat biaya dan juga lebih hemat waktu.

Kawah Putih Bandung
Kawah Putih Bandung – via IG @indhaoes

Dugaan keangkeran di kawasan Kawah Putih Ciwidey oleh masyarakat sekitar

Kawah ini dikenal pada awal abad ke 10. Saat itu terjadi sebuah letusan sangat hebat yang berasal dari gunung Patuha. Setelah terjadinya letusan tersebut, terdapat kejadian aneh dimana setiap ada burung yang terbang melewati kawah tersebut didapati mati.

Semenjak itu penduduk di sekitar menganggap bahwa area kawah tersebut merupakan kawasan yang angker. Namun, seiring berjalannya waktu keangkeran tersebut berlalu dan sirna.

Hal tersebut terjadi karena pada tahun 1837 seorang ahli botani bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn asal jerman melakukan sebuah penelitian di kawasan Ciwidey dan akhirnya dirinya tiba hingga puncak gunung Patuha dan menjumpai keberadaan danau putih yang indah.

Pada saat itulah dirinya mencium bau belerang yang sangat menyengat, sejak saat itulah kawah putih ini menjadi tersebar ke masyarakat luas.

Awal mula diberikan nama kawah putih adalah karena didapati kawah yang berwarna putih. Warna putih dari kawah tersebut merupakan campuran dari unsure belerang.

Air danau yang berwarna putih kehijauan semakin lebih menarik ketika dapat berubah warna, hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh dari faktor cuaca, tingkat tinggi rendahnya suhu, serta seberapa banyak kadar belerang yang terkandung.

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Ciwidey – via IG @horekitaliburan

Lalu apa sih menariknya kawah putih ini?

Di kawasan kawah ini kamu akan disuguhi pemandangan kawah putih yang indah bak salju yang sangat mempesona. Kamu bisa melakukan aktifitas seperti melukis, mendaki, berkuda, mengambil gambar, dan bahkan bisa digunakan untuk pre-wedding juga guys.

Selain itu berhubung kawah putih ini terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.400 m dpl, maka jangan lupa untuk membawa jaket tebal atau sweater karena suhu udara yang sangat dingin namun udara yang tetap menyegarkan. Bahkan suhu udara harian di kawah putih bisa mencapai hingga 8 derajat celcius.

Namun perlu diperhatikan, untuk ke kawah kamu disarankan untuk memakai masker dan tidak terlalu berlama-lama menghirup asap belerang sebab dapat mengganggu dan tidak baik untuk pernafasan.

Jika kamu akan berkunjung, tempat wisata ini dibuka mulai dari jam 07.00 pagi hingga jam 05.00 sore. Selain itu kamu bisa sesuka hati dapat mengunjunginya dengan harga tiket masuk 18.000 rupiah.

Tempat Wisata di Bandung : Trans Studio Bandung

Namun yang membedakan hanya pada biaya parkir. Biaya parkir ditentukan sesuai jenis kendaraan yang kamu gunakan serta pola lokasi parkir yang digunakan.

So, gimana guys?? Kawah putih Ciwidey sangat menarik bukan?? Sangat disayangkan bila kamu gak ingin menikmati pesona alam kawah putih ini.

Jadi tunggu apa lagi? ajak teman, saudara dan keluargamu untuk datang berlibur ke kawah putih ini, dijamin gak nyesel. Happy holiday!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.