Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia adalah Kebun Raya Bogor. Pembangunan kebun cantik ini adalah atas prakarsa Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles pada saat Inggris masih berkuasa di nusantara.

Dan tahukah kamu, bahwa mulanya Kebun Raya Bogor hanyalah sebuah halaman biasa di Istana Bogor. Tapi, Raffles yang seorang ahli botani menyulapnya menjadi sebuah taman yang bergaya Inggris klasik. Hingga akhirnya dipelihara dan keberadaannya diakui dan dilindungi oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Kebun yang sering disebut sebagai Bogor Botanical Garden ini mempunyai luas mencapai 87 hektar. Di dalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang dapat kamu temukan. Contoh tumbuhan yang menjadi pimadona disana adalah bunga Rafflesia Arnoldi.

Tempat Wisata di Jawa Barat : Gunung Tangkuban Perahu

Bunga bangkai raksasa itu ketinggiannya mencapai 2 meter, yang merupakan bunga terbesar di dunia. Ada juga tanaman kelapa sawit yang diklaim sebagai yang tertua di Asia Tenggara dan masih ada hingga kini. Jadi sebenarnya kita harus bangga ya, memiliki tanaman yang termasuk langka di dunia.

Kebun Raya bogor beralamat di Jalan Ir. H. Juanda nomor 13 Bogor. Lokasinya termasuk mudah dijangkau, karena akses jalannya cukup baik dan tidak jauh dari pusat kota. Sehingga, dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi disana. Apa saja diantaranya? Simak beberapa uraian di bawah ini, ya.

Monumen Lady Raffles

Monumen Lady Raffles - Kebun Raya Bogor
Monumen Lady Raffles – Kebun Raya Bogor – via dedipanigoro.blogspot.com

Bangunan ini dapat kamu temui pada saat pertama masuk ke Kebun Raya Bogor. Menurut saksi sejarah, konon monument ini dibangun untuk mengenang tokoh Olivia Raffles, yaitu istri ddari Raffles.

Di bangunan yang bercungkup itu, terdapat sebuah prasasti yang menceritakan betapa Raffles begitu mencintai sang istri. So sweet, kan.

Patung Tangan Tuhan

Patung Tangan Tuhan - Kebun Raya Bogor
Patung Tangan Tuhan – Kebun Raya Bogor – via zelamatpagi.wordpress.com

Merupakan sebuah patung yang menggambarkan sosok sebuah tangan yang mengangkat seorang laki-laki dengan pose menengadahkan kepala serta mulut terbuka. Patung ini merupakan replika dari karya Carl milles.

Ia adalah seorang anak didik pemahat terkenal bernama Auguste Rodin. Patung yang merupakan persembahan dari Swedia ini dipasang sejak tahun 1963.

Museum Zoologi

Museum Zoologi - Kebun Raya Bogor
Museum Zoologi – Kebun Raya Bogor – via lovelybogor.com

Keanekaragaman hayati yang ada di nusantara dapat dilihat di dalam museum ini. Terdapat banyak diorama yang menampilkan berbagai jenis hewan yang sudah diawetkan.

Mulai dari binatang darat seperti badak dan rusa, hingga ular dan binatang laut misalnya kepiting raksasa. Tentu saja itu dapat diamati dan dipelajari khususnya bagi kamu yang tertarik dengan dunia zoologi.

Taman Meksiko

Taman Meksiko - Kebun Raya Bogor
Taman Meksiko – Kebun Raya Bogor – via IG @sandysoepeno

Taman ini sengaja dibuat gersang, berbeda dengan taman pada umumnya. Berada di dalamnya terasa seperti ada dalam suasana gurun.

Ratusan jenis spesies tanaman sukulen tersebar disana. Mulai dari yang kerdil hingga ada yang tingginya mencapai dua kali tinggi badan kamu.

Namun tempat ini tidak merupakan 100% gurun. Sepoi-sepoi angin yang berhembus akan tetap membuat kamu merasa sejuk.

Tempat Wisata di Jawa Barat : Kawah Putih Ciwidey

Sebenarnya masih ada yang lain untuk tempat yang dapat dikunjungi. Bila kamu memang penasaran kamu bisa langsung berkunjung kesana saja.

Untuk dapat masuk ke dalam Kebun Raya Bogor, kamu bisa datang pada hari apapun, karena tempat ini dibuka setiap hari dan untuk umum. Kamu bisa berkunjung mulai pukul 7.30 pagi.

Sesuai dengan dikeluarkannya peraturan yang baru, pada tahun 2012, maka mulai tanggal 1 Maret 2013 diberlakukan tarif pengunjung seperti di bawah ini

  • Tiket masuk wisatawan dalam negeri Rp. 14.000,00 tiap orang
  • Tiket masuk khusus wisatawan manca negara Rp. 25.000, 00 tiap orang
  • Kendaraan untuk keliling bagi roda 4 sebesar Rp.30.000,00
  • Biaya parkir untuk kendaraan roda 2 sebesar Rp.5000,00
  • Tiket untuk Sepeda berkeliling Rp. 5000,00

Harga tiket untuk masuk di atas sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja, untuk Distribusi Pemkot serta masuk ke Museum Zoologi. Kebun Raya Bogor dapat disewakan untuk berbagai keperluan.

Kebun Raya Bogor juga didukung dengan beberapa fasilitas di sekitarnya seperti:

  • hotel dan penginapan
  • rumah makan
  • toilet umum
  • dan toko cinderamata

Itulah beberapa informasi buat kamu mengenai Kebun Raya Bogor. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang sedang liburan atau ingin merelaksasikan diri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.