Kota Tua Jakarta, merupakan tempat wisata tempat wisata bersejarah Di Kota Jakarta yang juga paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Sebelum diberi nama Kota Tua, kawasan ini dulu dikenal dengan nama Batavia Lama. Kawasan ini, mempunyai tempat-tempat yang sangat bersejarah bagi kota Jakarta dan juga Indonesia.

Anda bisa melihat peninggalan masa lalu, di kawasan yang ramai dikunjungi pada tiap akhir pekan ini.

Batavia Lama atau yang kini dikenal dengan nama Kota Tua, tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja, tetapi juga dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri.

Hal ini tentu saja merupakan upaya dari pemerintah DKI Jakarta, yang ingin membuat Jakarta atau Indonesia lebih dikenal oleh seluruh dunia.

Jakarta yang lebih dikenal sebagai tempat pemerintahan dan juga pusat ekonomi Indonesia, perlahan-lahan berubah sebagai salah satu tempat wisata yang populer bagi para wisatawan.

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang sangat bersejarah, di Kota Tua Jakarta.

Selain tempat bersejarah, Anda juga bisa menikmati kuliner yang terdapat di kawasan Kota Tua Jakarta ini.

Tempat Wisata di Jakarta : Pulau Tidung

Berikut beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di kawasan kota tua:

1. Museum Fatahillah – Kota Tua Jakarta

Museum Fatahillah - Kota Tua Jakarta
Museum Fatahillah – via web www.pusakaindonesia.org

Museum Fatahillah ini, merupakan salah satu bukti sejarah dari kota Jakarta sendiri. Museum Fatahillah, merupakan saksi dari penjajahan bangsa lain di Indonesia.

Pada jaman penjajahan Belanda dulu, museum ini mempunyai fungsi sebagai balai kota, ruang pengadilan, dan juga penjara bawah tanah.

Pada bagian luar museum ini, terdapat lapangan yang luas yang dikenal dengan nama lapangan Fatahillah.

Lapangan di bagian luar museum ini, adalah tempat untuk mengeksekusi para tahanan. Sehingga, museum ini menjadi tempat yang sangat bersejarah bagi kota Jakarta.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa – Kota Tua Jakarta

Pelabuhan Sunda Kelapa - Kota Tua Jakarta
Pelabuhan Sunda Kelapa – via web forum.maxmanroe.com

Pelabuhan Sunda Kelapa ini, merupakan pelabuhan yang dijadikan tempat untuk menghubungkan Indonesia dengan Negara lain atau dunia luar.

Pelabuhan ini juga dijadikan tempat persinggahan kapal-kapal dari mancanegara, yang datang ke Indonesia untuk melakukan perdagangan.

Pelabuhan yang sangat berserjarah di kota Jakarta ini, sudah dibangun sebelum kota Jakarta ada.

Pelabuhan Sunda Kelapa ini, sudah berjalan dari masa ke masa. Dimulai dari kerjaan Padjajaran, kedatangan Portugis, kerajaan Demak, sampai dengan penjajahan dari Belanda.

Pada saat sekarang ini, Pelabuhan Sunda Kepala menjadi salah satu tempat wisata yang sangat unik dan menarik untuk di kunjungi.

3. Museum Bank Indonesia – Kota Tua Jakarta

Museum Bank Indonesia - Kota Tua
Museum Bank Indonesia – via web www.everybodygoesblog.com

Sebelum menjadi museum Bank Indonesia, bangunan ini merupakan rumah sakit Binnen Hospital.

Bangunan yang sudah berjalan sebagai rumah sakit ini, beralih fungsi menjadi sebuah bank yang diberi nama De Javesche Bank.

Berdasarkan sejarah dari perbankan di Indonesia, bangunan ini merupakan awal dari lahirnya Bank Indonesia.

Pada masa Indonesia baru merdeka, museum ini menjadi pusat dari pengendalian ekonomi dan moneter di Indonesia.

Ketika Anda mengunjungi kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Anda bisa mendapatkan pengetahuan sejarah yang sangat banyak sekali.

Museum Bank Indonesia ini dibuka mulai dari hari Selasa sampai dengan Kamis dari pukul 08.30 sampai dengan pukul 11.00.

Pada hari Jum’at, museum ini dibuka dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00. Untuk akhir pekan, Anda bisa mengunjungi Museum Bank Indonesia ini dengan gratis.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik – Kota Tua Jakarta

Museum Seni Rupa dan Keramik - Kota Tua
Museum Seni Rupa dan Keramik – via web www.ragamtempatwisata.com

Bagi Anda pecinta lukisan dan juga keramik, tempat wisata cagar budaya ini bisa menjadi salah satu referensi Anda ketika sedang berada di Jakarta.

Di museum ini, Anda bisa melihat kurang lebih 350 lukisan dan Anda juga bisa melihat kurang lebih 1350 jenis keramik yang berasal dari dalam Negeri hingga luar Negeri.

Di museum ini, Anda juga bisa mempelajari bagaimana membuat keramik. Lokasi dari Museum Seni Rupa dan Keramik ini, terletak ditengah-tengah kawasan wisata Kota Tua Jakarta.

Sehingga, Anda bisa menemukan museum ini dengan sangat mudah. Museum ini dibuka untuk umum dari hari Selasa- Minggu, dari pukul 09.00 -15.00.

Wisata Cagar Budaya : Taman Sari Water Castle

Jangan lewatkan kesempatan Anda, untuk mengunjungi tempat wisata bersejarah ini ketika Anda berada di Jakarta. Ulasan diatas bisa menjadi referensi Anda, ketika Anda berkunjung ke Kota Tua Jakarta.

Selamat berlibur 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.