Pulau sempu Malang adalah pulau kecil yang letaknya di sebelah selatan pulau Jawa. Lokasinya berada di desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pulau ini ditumbuhi pepohonan tropis dan memiliki luas 877 hektar. Pulau Sempu sendiri dikelola oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam Jawa Timur (BKSDA),

dan Departemen Kehutanan Indonesia, dan secara resmi diakui sebagai cagar alam semenjak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Tempat Wisata di Jawa Timur : Goa Gong Pacitan

Jika kamu mengunjungi pulau sempu Malang, kamu akan menemui berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, lalu ada mangrove atau hutan bakau, serta hutan tropis yang mendominasi seluruh kawasan pulau.

Ada banyak vegetasi yang terdapat di pulau Sempu dan dijadikan objek penelitian. Namun, pulau Sempu Malang ini masih bisa dikunjungi untuk tujuan wisata. Tetapi jika pengunjung bisa mendapatkan surat izin langsung dari pengelola.

Pulau Sempu Malang Jawa Timur
Pulau Sempu Malang Jawa Timur – via IG @vhyvizz

Keindahan Pulau Sempu

Pulau Sempu Malang memiliki laguna nan jernih, serta pasir putih yang memanjakan mata kita. Laguna yang terletak di tengah pulau adalah danau alami yang menjadi daya tarik dari pulau ini.

Ada banyak biota yang terdapat di dalam danau, airnya yang jernih serta suasana yang aman dan nyaman membuat kita ingin berlama-lama di sini.

Ada banyak tempat menarik di pulau sempu Malang selain laguna tadi.

Beberapa kawasan tersebut antara lain pantai Waru-waru, Telaga Lele, Tiger Cave, pantai Pasir Panjang, pantai Pasir Kembar, dan pantai Fresh Water.

Pulau Sempu
Pulau Sempu – via IG @hayyunnr

Rute Perjalanan Pulau Sempu

Pulau Sempu Malang berjarak 80 kilometer jika berangkat dari Malang, dan 180 kilometer jika dari Surabaya.

Jika kamu berangkat dari Malang, kamu bisa menngunakan kendaraan umum dari terminal Arjosari dengan kode AMG atau AG yang menuju terminal Gadang.

Kemudian dari teminal Gadang bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus menuju Turen dan naik angkutan lagi menuju Sendang Biru.

Tapi ada beberapa jalur alternatif jika kamu ingin mengunjungi pulau sempu Malang:

  1. Dari Malang menuju Bululawang, lalu menuju ke Turen dan berhenti di Sumbermanjing Wetan. Dari situ kita melanjutkan perjalan ke Sendang Biru dan bisa langsung menuju pulau Sempu.
  2. Rute kedua dari Malang adalah Kepanjen, menuju Gondanglegi. Dari sini kita menuju Tiren, Sumbermanjing Wetan, Sendang Biru dan sampai ke Pulau Sempu.

Untuk mencapai kawasan pulau kamu harus menyewa perahu yang akan mengantarkan kamu ke Teluk Semut, dengan membawa surat ijin masuk Pulau Sempu.

Biaya sewa perahu sekitar Rp 100.000 yang memuat 12 hingg 15 orang.

Konservasi Pulau Sempu Malang
Konservasi Pulau Sempu Malang – via IG @pulausempu

Setelah tiba di Teluk Semut, kamu harus melanjutkan perjalanan sekitar 2,5 jam menembus hutan yang cukup lebat dan jalur yang curam. Hingga akhirnya kamu akan mencapai laguna di tengah pulau.

Di pulau sempu Malang ini tidak tersedia penginapan karena pulau ini adalah kawasan cagar alam. Jika kamu ingin menginap, kamu harus mendirikan tenda.

Jangan lupa untuk membawa peralatan dan logistik yang cukup. Sebelum berkemah kamu harus mengantungi ijin berkemah dari pos cagar alam yang ada di pantai Sendang Biru.

Untuk mendapatkan ijin masuk tersebut, kamu harus mendatangi kantor Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu Malang.

Lokasi resort ini tidak begitu jauh dari tempat parkir di kawasan Pantai Sendang Biru.

Namun jika kamu tidak berencana untuk berkemah, maka kamu tidak boleh lupa untuk kembali ke titik penjemputan pada waktu yang telah disepakati dengan nelayan.

Agar nelayan yang akan menjemput kamu tidak terlambat untuk mengantar kembali ke pantai Sendang Biru.

Pulau Sempu Jatim
Pulau Sempu Jatim – via IG @pulausempu

Untuk harga tiket masuk pulau sempu Malang sendiri yakni sebesar Rp 35.000 hingga Rp 50.000 setiap kelompok.

Lalu jika kamu berkunjung sendirian, kamu akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000 hingga Rp 25.000.

Tempat Wisata di Jawa Timur : Padang Savana Bromo

Kamu juga bisa menyewa guide yang mematok tarif sebesar Rp 100.000 tiap kelompok.

Untuk daftar aktivitas yang bisa kamu nikmati adalah:

  • Berenang di laguna yang luas dan memiliki air yang tenang.
  • Beristirahat di tepi pantai.
  • Berkemah.
  • Mengelilingi pulau dengan menyewa perahu.
  • Memancing.
  • Dan bisa menunggu beberapa lumba-lumba yang kerap muncul di sekitar pulau sempu Malang.

Nah, jadi kapan ada waktu? Ayo liburan ke Malang 🙂

[vc_message]Jangan nyampah di tempat wisata! Pulau Sempu dikelola oleh Badan Konservasi Sumberdaya Alam Jawa Timur (BKSDA), merupakan cagar alam semenjak 1928 yang harus dijaga kelestariannya. Mari selalu jaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem alam kita.[/vc_message]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.