Pantai Balekambang dan Pesona Pulau Ismoyo

Bagi kamu pencinta pantai, maka kamu wajib mengunjungi pantai Balekambang Malang yang terletak di kabupaten Malang ini.

Pantai ini salah satu destinasi wisata yang sudah dibuka sejak tahun 1985, dan secara administratif berada di wilayah dusun Sumber Jambe, Kecamatan Bantur.

Daya tarik dari pantai ini adalah panorama alam dan pesona gelombang yang cukup tinggi. Area tepi pantai dihiasi dengan pasir putih yang bersih dan nyaman bagi pengunjung.

Tempat Wisata di Malang : Air Terjun Coban Rondo

Sejarah dan Perkembangan Pantai Balekambang

Pantai ini mulai dikenal masyarakat sekitar tahul 1978, hal ini terjadi setelah Kepala Desa Srigonco Tukiran membuka akses jalan menujupantai Balekambang Malang.

Seiring dengan perkembangannya, pantai ini semakin dikenal luas oleh masyarakat setelah Bupati Malang yakni bapak Eddy Slamet membuka pantai Balekambang secara resmi pada tahun 1983.

Peresmian bersamaan dengan penetapan pantai ini sebagai perkemahan Pramuka Kabupaten Malang.

Akses menuju pantai Balekambang Malang pun kini cukup mudah, yang menjadi kesulitan hanya di kawasan Jurang Mayit karena tanjakan dan tikungannya cukup tajam.

Tetapi tidak perlu ragi, karena jalan menuju Balekambang kini sudah beraspal mulus dan hanya berjarak 30 menit dari pusat Kecamatan Bantur.

Sejumlah fasilitas pun sudah banyak disediakan oleh pengelola.

Salah satunya adalah permainan flying fox yang diluncurkan pada Agustus 2012, yang dibuka hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Selain itu, ada pula permainan ayunan, berbagai patung hewan, dan persewaan ATV.

Pantai Balekambang Malang Jawa Timur
Pantai Balekambang Malang Jawa Timur – via IG @gitagipus

Pantai Balekambang Malang dikenal juga sebagai tempat wisata religi

Pada hari-hari tertentu umat Islam berziarah ke makam Syaikh Abdulu Jalil, dan setiap tanggal 1 Sya’ban para peziarah mengunjungi makam terpencil di tepi Kali Berek, sekitar 1 kilometer sebelum masuk kawasan pantai.

Umat Hindu pun menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah pada hari raya Nyepi.

Lokasinya ada di pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo, sekitar 70 meter dari bibir pantai. Dari pantai Balekambang menuju pulau tersebut kita bisa menggunakan jembatan yang menghubungkan keduanya.

Di sekitar pantai ini juga sudah ada beberapa penginapan yang tersedia bagi para pengunjung.

Pertama yakni penginapan Bamboo dengan 8 kamar seharga Rp 150.000 per harinya. Ada pula hotel Wibisana dengan 10 kamar seharga Rp 250.000 per harinya.

Fasilitas penginapan ini tentu akan memudahkan kamu jika ingin berlama-lama di pantai Balekambang Malang.

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang – via IG @sakitparah

Pulau Ismoyo

Ada beberapa pulau yang terletak di sekitar pantai Balekambang Malang.

Pulau tersebut antara lain pulau Ismoyo yang sudah kita bahas, pulau Anoman dan pulau Wisanggeni. Ketiga pulau tersebut berjajar ke arah barat dan begitu menawan bagi para pengunjung.

Pulau Ismoyo berada di sebelah selatan Pulau Wisanggeni, dan dihubungkan dengan jembatan sepanjang 55 meter, dengan pura Amerta Jati dengan konsep yang banyak dipengaruhi oleh candi-candi jaman Majapahit sehingga cukup berbeda dengan pura yang ada di Bali.

Keunikan dari pura Amerta Jati atau bisa disebut dengan pura Ismoyo ini di desain menyerupai pura Tanah Lot yang terkenal di pulau dewata Bali.

Pura Amerta Jati ini sendiri di resmikan oleh Bupati Malang pada tahun 1985 dan dijadikan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Warga di sekitar pantai Balekambang Malang masih memegang tradisi upacara Suroan dan Jalanidha Puja.

Upacara itu biasa dilihat oleh pengunjung pada bulan Suro, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara pula.

Kecantikan pulau-pulau di pantai Balekambang Malang akan semakin terasa pada saat matahari terbenam atau pun terbit.

Ketiga pulau itu akan menutupi matahari dan memberi siluet yang indah. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri, mengingat Balekambang adalah pantai yang sudah cukup indah dengan pasir, gelombang, ditambah dengan gugusan ketiga pulau tersebut.

Balekambang Malang
Balekambang Malang – via IG @pejalankalem

Akses Menuju Pantai Balekambang

Pantai Balekambang ini bisa ditempuh melalu arah Malang-Kepanjen atau pun Malang-Bululawang.

  1. Malang Kepanjen
    Jika kamu mengambil jalur ini maka kamu harus melewati daerah Gondanglegi-Pagelaran-Bantur-Sri Gonco Desa- hingga pantai Balekambang.
  2. Malang-Bululawang
    Bagi kamu yang menempuh Malang-Bululawang maka kamu harus melewati Gadang serta Kendalpayak lalu sampai ke Gondanglegi, dari situ kita akan sampai di Bantur- Sri Gonco- dan pantai Balekambang Malang.

Tempat Wisata di Jawa Timur : Pulau Sempu

Nah, lalu bagaimana dengan kamu? Lanjutkan liburan yok!

Selamat berlibur 🙂

1 COMMENT

  1. tau mrono. perjalanan solo-malang lumayan juga ditempuh dengan motoran, dalan wis lumayan lah walopun seperti pantai pada umumnya. pantaine wis lumayan rame dan tetep asik dinggo nge camp dan jangan terlalu dekat laut mendirikan tendanya nanti pagi hari bisa kebanjiran kaya punya kami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.