Air Terjun

Air Terjun Sumber Pitu Malang – Rekomendasi Wisata Populer di Jawa Timur

Avatar Written by Seneng Dolan · 2 min read >
air terjun sumber pitu malang

Air Terjun Sumber Pitu Malang

Air terjun sumber pitu Malang merupakan salah satu objek wisata yang menjadi satu rekomendasi di kota Malang. Air terjun ini lebih tepatnya terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Pada awalnya objek air terjun ini belum dibuka untuk umum dan masih dikelola oleh badan yang berwenang yaitu badan Perhutani. Untuk alasan inilah, air terjun sumber pitu belum begitu banyak diketahui khususnya juga bagi para warga kota Malang sendiri.

Selain itu juga letaknya yang masih berada di hutan menjadi satu alasan lainnya mengapa tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Tetapi ketika sudah memasuki kawasan air terjun dan melihatnya secara langsung, keindahan air terjun yang dilihat dapat membuat beban pikiran menjadi hilang.

air terjun sumber pitu malang
air terjun sumber pitu malang (ig @iskandar.yusri)

Suasana yang masih asri dan pepohonan sekitar menjadi satu hal lainnya yang menunjang mengapa air terjun sember pitu malang ini sebagai satu objek wisata yang sangat tepat untuk dikunjungi.

Baca tentang wisata di Malang lainnya : Pulau Sempu

Menuju Air Terjun Sumber Pitu

Keberadaan air terjun yang masih ada di tengah hutan memang memerlukan waktu tempuh yang lumayan lama. Tetapi hal tersebut tidak menjadi masalah ketika nantinya sudah sampai pada tempat tujuan yaitu air terjun sumber pitu malang tentunya.

Menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dapat digunakan untuk menuju air terjun ini. Titik awalnya yaitu tentu dari kota Batu Anda dapat langsung menuju Pujon atau Jombang.

Dan ketika dalam perjalanan nantinya akan melewati sebuah tugu berupa patung tugu sapi yang berada di titik pertigaan Ringin dan langsung menuju ke arah kiri.

Setelah beberapa lama, nantinya Anda akan sampai dan masuk menuju desa Pujon Kidul. Yang sudah dijelaskan tadi merupakan rute yang dapat digunakan ketika menggunakan kendaraan pribadi.

air terjun sumber pitu
air terjun sumber pitu (ig @ellysuz)

Tentunya akan berbeda ketika menggunakan kendaraan umum.

Menggunakan kendaraan umum tentunya harus menggunakan angkutan bus. Terminal Landungsari menyediakan bus yang melewati jalur yang sudah disebutkan di atas. Dan ketika sudah sampai pada desa Pujon Kidul tempat dimana air terjun sumber pitu berada, Anda dapat menggunakan ojek sebagai kendaraan selanjutnya.

Tetapi hal lainnya yang harus diketahui setelah rute perjalanan yang ada, yaitu adalah medan yang cukup berat untuk masuk ke dalam hutan dan menemukan air terjun ini. Tentu bagi orang yang tidak mengetahui atau terbiasa dengan aktivitas pendakian gunung akan merasa kesulitan ketika akan menuju tempat dimana air terjun berada.

Karena masih harus melakukan perjalanan yang melelahkan untuk melewati hutan pinus, rumput ilalang dan banyak medan terjal yang ada ketika dalam perjalanan. Tetapi bukan berarti nantinya tidak dapat menikmati keindahan air terjun sumber pitu ini karena terdapat beberapa jalur menuju air terjun yang dapat digunakan.

air terjun sumber pitu
air terjun sumber pitu malang (ig @totosantoso59)

Jalur Menuju Air Terjun Sumber Pitu Malang

Yang pertama adalah jalur yang memiliki medan seperti jalan berbatu, berlubang dan juga naik turun. Dapat dikatakan jalur ini adalah sebuah jalur yang lebih mudah dibandingkan jalur yang lainnya. Jarak yang ditempuh yaitu sekitar 2,5 kilometer.

Tentu tidak mungkin menempuhnya dengan berjalan kaki ketika memang baru pertama kali mengunjungi air terjun sumber pitu. Menggunakan sepeda motor atau mobil offroad dapat menjadi sebuah pilihan yang sangat tepat.

Jalur selanjutnya adalah seperti yang sudah disebutkan yaitu dengan melewati hutan belantara dan beberapa padang rumput. Jarak yang lebih jauh akan ditempuh dibandingkan jalur pertama yaitu sekitar 3 kilometer.

Untuk Anda yang memang memiliki hobi dan pengalaman mendaki gunung, jalur ini dapat menjadi satu uji coba dan menambah pengalaman dalam mendaki gunung. Selain dapat menikmati pemandangan alam, beberapa hewan dan tumbuhan yang ada di dalam hutan menjadi sebuah bonus ketika memang memilih jalur yang satu ini. Suara air yang mengalir, burung yang berkicau menjadi penghias perjalanan menuju air terjun ini.

Tentu jalur yang ada kembali kepada Anda masing – masing. Dan sebaiknya ketika memilih untuk mendaki, sebaiknya tidak terlalu terburu – buru dan dapat menggunakan waktu perjalanan untuk menikmati pemandangan alam yang ada.

Seseorang yang berpengalaman dalam melewati hutan dirasa sangat diperlukan karena hal ini tentunya untuk mencegah sesuatu yang buruk dapat terjadi karena terkait dengan jalur yang panjang dan medan yang cukup sulit. Dan air terjun sumber pitu malang pada akhirnya akan menjadi salah satu panorama terindah yang dapat dinikmati pada akhir perjalanan.

Baca cerita wisata di Malang lainnya : Air Terjun Coban Rondo

Written by Seneng Dolan
Seneng Dolan Adventure - Media berbagi informasi tentang perjalanan wisata dari berbagai penjuru dunia. Dolan Dolan Men! Lets Adventure! Profile

2 Replies to “Air Terjun Sumber Pitu Malang – Rekomendasi Wisata Populer di Jawa Timur”

  1. Wah, belum pernah nih wisata alam ke air terjun di Malang. Pernahnya ke Pulau Sempu (pas musim hujan, salah banget) dan kapok sekapok-kapoknya.. hehehe. Semoga saya bisa berkunjung lagi ke Malang.

    1. Jadwalkan kesana kak 😀
      semoga pandemi segra berakhir dan bisa jalan-jalan lagi. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.