Theme Park

Jawa Timur Park Malang – Tempat Wisata Populer di Kota Batu

Avatar Written by Seneng Dolan · 2 min read >
Jatim Park 2 - Malang Jawa Timur

Mengenal Perbedaan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 Malang

Jatim Park atau Jawa Timur Park merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Kota wisata Batu. Terdapat 2 Jatim Park, terbagi menjadi Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.

Jatim Park dikenal juga sebagai tempat rekreasi dan taman belajar, jaraknya hanya sekitar 20 km dari kota Malang.

Jatim Park 1 – Penuh dengan Wahana dan Keseruan

Jatim Park 1 - Malang Jawa Timur
Jatim Park 1 – Malang Jawa Timur – via web ernafit.blogspot.com

Destinasi wisata ini terletak di ketinggian 850 mdpl, dan tentu saja memiliki hawa yang cukup dingin. Terletak di lereng timur gunung Panderman, kita akan melihat banyak keindahan jika berkunjung ke Jatim Park 1 ini.

Rekomendasi tempat wisata di Malang : Air Terjun Coban Rondo

Jatim Park 1 selalu ramai oleh pengunjung setiap tahunnya. Salah satu ikon wisata Jawa Timur ini memiliki 36 wahana, salah satu yang terkenal adalah kolam renang raksasa dengan latar belakang patung Ken Arok, Ken Dedes, dan juga Mpu Gandring.

Serta tidak ketinggalan pula wahana yang menawarkan keseruan pula seperti spinning coaster dan drop zone.

Semua keseruan itu bisa kita temui di Jatim Park 1 kota Batu

Tak cukup hanya memberi keseruan saja, Jatim Park 1 juga memberikan wisata edukasi bagi para pengunjungnya.

Kita bisa menemukan Galeri Belajar dengan nama Science Stadium dengan kapasitas bangunan yang besar sekitar 300 orang.

Bangunan ini dilengkapi dengan alat peraga ilmu terapan baik indoor maupun outdoor.

Keberadaan alat-alat peraga tersebut didukung oleh berbagai instansi seperti PLN, Telkom, Rimba Raya, dan beberapa kampus di wilayah Jawa Timur.

Jika kamu ingin berkunjung ke Jatim Park 1, maka kamu bisa mengunjungi alamatnya di Jalan Kartika 2 kota wisata Batu.

Aksesnya cukup mudah, baik dengan kendaraan umum atau pun kendaraan pribadi. Jika anda berkunjung dari Malang, jaraknya hanya menempuh sekitar 30 menit saja.

Jatim Park 1 mulai dibuka sekitar pukul 08.30 dan tutup pada pukul 16.30 setiap harinya.

Harga tiket Jatim Park 1 pun cukup murah, jika berkunjung hari Senin hingga Kamis harga tiketnya Rp 60.000, jika Jumat hingga Minggu serta hari libur harganya sekitar Rp 80.000.

Yang menarik adalah anak-anak dengan tinggi kurang dari 85 cm tidak usah membayar alias gratis. Dengan membeli tiket tersebut kita sudah bisa mengakses 51 wahana seru di Jatim Park 1.

Rekomendasi tempat wisata di Malang : Pulau Sempu

Jatim Park 2 – Tempat Belajar dan Bermain

Jatim Park 2 - Malang Jawa Timur
Jatim Park 2 – Malang Jawa Timur – via web momtravelerblog.wordpress.com

Jika persamaan antara Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 adalah sebagai tempat wisata dan hiburan, maka perbedaannya Jatim Park 2 lebih ditujukan sebagai tempat belajar.

Konsep dari Jatim Park 2 ini sendiri adalah belajar ilmu alam, biologi, dan mempelajari hewan sesuai dengan habitatnya.

Jika kita berkunjung ke Jatim Park 2, kita bisa menemukan Museum Satwa, Batu Secrer Zoo, Eco Green Park, dan Tree Inn (Hotel Pohon).

Rekomendasi tempat wisata di Malang : Pantai Balekambang

Untuk Secret Zoo dan Eco Green Park sama-sama mengusung tema tentang hewan, ada beberapa koleksi hewan serta ditambah dengan wahana permainan.

Jatim Park 2 ini berlokasi di jalan Oro-oro Ombo nomor 9 Kota wisata Batu, berjarak sekitar 750 meter dari Jatim Park 1.

Sehingga tidak jarang pengunjung mengunjungi kedua kawasan wisata tersebut. Aksesnya cukup mudah, dan sama saja dengan mengunjungi Jatim Park 1 jika berkunjung dari kota Malang.

Untuk jam bukanya sendiri Jatim Park 2 dibuka mulai pukul 10.00 hingga 18.00. Khusus untuk wahana Eco Green Park sudah ditutup pukul 16.00.

Jadi disarankan untuk mengunjungi Eco Green Park terlebih dahulu. Harga tiket untuk weekday sendiri Rp 75.000 jika hanya mengunjungi Museum satwa dan Secret Zoo, kamu harus membayar Rp 95.00 jika ingin menambah kunjungan ke Museum Bagong.

Harga tiket untuk weekend sebesar Rp 105.000 untuk Museum Satwa dan Secret Zoo, dan Rp 125.000 jika ingin menambah kunjungan ke Museum Bagong. Bagi pengunjung anak-anak dengan tinggi lebih dari 85 cm harus membayar penuh.

Fasilitas di Jatim Park 2 ini cukup lengkap, ada banyak tempat penginapan baik di dalam kawasan wisata atau pun diluar.

Ada juga rumah makan, toilet dan wc umum yang memiliki standar Internasional, area parkir, serta tempat ibadah. Dengan fasilitas lengkap tersebut bisa memenuhi kebutuhanmu saat berkunjung ke Jatim Park 2.

Selamat berlibur 🙂

Written by Seneng Dolan
Seneng Dolan Adventure - Media berbagi informasi tentang perjalanan wisata dari berbagai penjuru dunia. Dolan Dolan Men! Lets Adventure! Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.