Pantai

Pantai Kuta Bali – Keindahan Wisata Pantai Pasir Putih dan Sunset di Pulau Dewata

Avatar Written by Seneng Dolan · 2 min read >
Pantai Kuta Bali

Indahnya Pantai Kuta di Pulau Dewata Bali

Tempat wisata apa yang paling terkenal di Bali? Jawabannya sudah pasti Pantai Kuta.

Buat kamu yang pernah berlibur ke Bali, pasti tidak akan pernah melewatkan tujuan wisata yang satu ini. Selain telah menjadi tempat wisata andalan di Bali, pantai kuta juga selalu disebut-sebut sebagai destinasi wisata yang memiliki pesona sunset beach terindah di dunia.

Lokasi Pantai Kuta Bali

Salah satu pantai milik pulau dewata terletak di sebelah Selatan dari kota Denpasar, Bali. Tepatnya di kecamatan Kuta, kabupaten Badung.

Tempat wisata ini memiliki letak lokasi yang cukup dekat dengan bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, yaitu hanya sekitar 12 kilometer.

Kamu bisa sampai di sana dengan menggunakan taksi. Sejak awal tahun 1970-an, pantai Kuta telah menjadi objek wisata dimana para turis asing maupun domestik mengunjungi keindahan pasir putihnya.

Di sini, kamu juga dapat menemukan berbagai macam penginapan, dari mulai penginapan yang biasa digunakan oleh para backpackers, resort, bahkan hotel bintang lima yang tentunya memiliki kualitas pelayanan dan fasilitas yang terbaik.

Pantai Kuta
Pantai Kuta – via web http://www.pasirpantai.com/

Sejarah dari Tempat Wisata Pantai Kuta

Tahukah kamu, jika dulu Pantai Kuta yang saat ini terkenal ternyata adalah sebuah perkampungan yang sangat tenang dan bahkan jauh dari keramaian.

Berbeda dari sekarang yang tidak pernah sepi dari para pengunjung, pantai kuta ini hanyalah sebuah pelabuhan dagang bagi para nelayan yang telah menangkap ikan.

Keindahan pantai ini mulai tersebar luas setelah para pedagang yang pernah datang membicarakan pantai pulau dewata ini.

Awalnya mereka yang datang hanya akan melakukan keperluan atau transaksi jual-beli, setelah itu mereka mulai memanfaat kedatangannya untuk bertransaksi sekaligus berlibur serta menikmati keindahan pantai kuta ini.

Terkenalnya keindahan pantai kuta ini juga karena sebuah buku yang berjudul Praise to Kuta. Buku yang ditulis oleh Hugh Mahbett yang menceritakan keindahan alam di Pantai Kuta.

Sehingga, pantai ini menjadi sebuah destinasi wisata favorit yang benar-benar menjadi tujuan para wisatawan untuk menikmati keindahannya.

Wisata Pantai Kuta - Sunset - via IG @rossyvir
Wisata Pantai Kuta – Sunset – via IG @rossyvir

Kegiatan Pariwisata di Pantai Kuta Bali

Ombaknya yang panjang dan cukup besar menjadikan pantai kuta sebagai tempat bagi para peselancar, baik yang pemula maupun yang telah profesional.

Selain itu, perkembangannya yang pesat membuat pantai kuta memiliki berbagai jenis tempat, fasilitas serta hiburan bagi para wisatawan, seperti restoran, pertokoan, hotel, toko-toko kelontong yang menjual berbagai macam barang yang dapat dijadikan buah tangan, serta café-café dan pedagang kaki lima yang berjualan di sepanjang pantai.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan di pantai kuta adalah jasa mengepang rambut oleh para gadis-gadis Bali dan tato temporer atau tato sementara.

Sedangkan tato temporer akan siap menghiasi tubuh kamu, tentunya tato ini akan menghilang dalam waktu beberapa hari karena hanya menggunakan tinta.

Kamu bisa memilih berbagai macam pola dan gambar untuk mentato tubuh kamu, dari mulai kaligrafi, gambar binatang maupun bunga sesuai dengan yang kamu sukai.

Selain jasa mengepang rambut dan tato temporer, saat kamu tengah ‘mandi matahari’, kamu bisa menemukan tukang pijat yang selalu siap di sekitar pantai kuta.

Wisata Pantai lainnya: Pantai Balekambang Malang

Pantai Kuta Bali - Sunset
Pantai Kuta Bali – Sunset – via IG @nurulsucisiregar

Seperti yang telah disebutkan di atas, keindahan dari matahari terbenamnya membuat pantai kuta semakin ramai saat akan menjelang senja atau di sore hari.

Para wisatawan akan berdatangan untuk menikmati keindahan dari ‘Pantai Matahari Terbenam’ tersebut.

Sambil menikmati keindahannya, kamu juga bisa sambil menikmati sajian kelapa muda yang segar serta jagung bakar yang bisa kamu temukan di sana. Sebuah momen indah yang tidak akan bisa kamu lupakan.

Selain berbagai macam jenis kegiatan pariwisata, kamu juga bisa melihat tradisi asli asal Bali. Salah satunya adalah upacara keagamaan yang sering dilakukan oleh para penduduk setempat.

Tradisi dari upacara keagamaan itu dilakukan mengingat bahwa mayoritas penduduk Bali beragama Hindu.

Saat kamu berlibur di sana, kamu akan melihat beberapa penduduk yang mengantarkan sesaji ke tepianpantai kuta. Hal ini tentunya sangat menarik para wisatawan, baik para wisatawan domestik maupun para wisatawan asing.

Selamat berlibur 🙂

Written by Seneng Dolan
Seneng Dolan Adventure - Media berbagi informasi tentang perjalanan wisata dari berbagai penjuru dunia. Dolan Dolan Men! Lets Adventure! Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.