Pantai

Raja Ampat Papua – Wisata Alam Bawah Laut Paling Wow di Wilayah Timur Indonesia

Avatar Written by Seneng Dolan · 2 min read >
Tempat Wisata Raja Ampat

Keindahan Alam Bawah Laut Raja Ampat Papua

Raja Ampat Papua merupakan tempat wisata paling eksotis di wilayah timur Indonesia. Ketenaran Raja Ampat bahkan telah didokumentasikan dalam film dokumenter berjudul Edis Paradise 3 yang diputar perdana di Swiss.

Film dokumenter ini menyajikan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang disebut sebagai Amazon Lautan Dunia.

Raja Ampat sendiri berada di pusat segitiga karang dunia. Secara administratif wilayahnya berada di Propinsi Papua Barat dengan 610 gugusan pulau yang menyebar. Dari ratusan pulau tersebut, hanya 35 pulau saja yang didiami penduduk.

Lautan Raja Ampat sangat kaya dengan biota laut, karena 75% spesies ikan di dunia berada di Raja Ampat. Itu sebabnya tempat wisata ini dilindungi dengan Undang-undang RI untuk mencegah terjadinya perusakan ekosistem laut demi kepentingan bisnis.

Wisata Raja Ampat Papua
Wisata Raja Ampat Papua – via IG @indonesiatropic

Tempat Wisata Raja Ampat

Objek wisata andalan Raja Ampat adalah pemandangan bawah lautnya yang luar biasa. Warna-warni terumbu karang dikombinasikan dengan berbagai spesies binatang laut menciptakan keindahan sempurna yang tidak ada bandingannya.

Di tempat ini Anda akan menemukan ikan pari manta yang dapat tumbuh hingga 2 meter.

Berdasarkan penelitian ditemukan paling sedikit 1.500 spesies ikan , 537 koral, dan 699 hewan tidak bertulang belakang di perairan Raja Ampat.

Ditambah dengan beragam terumbu karang beraneka rupa dan warna yang menjadi sumber makanan ribuan satwa laut di tempat itu. Ekosistem yang natural yang dan mempesona menjadikan Raja Ampat dijuluki Amazon Lautan Dunia.

Kegiatan diving dan snorkeling menjadi pilihan para wisatawan untuk menikmati keindahan biota laut Papua tersebut. Wisatawan yang ingin berwisata diving akan ditemani ahli yang disediakan pihak tour.

Semua peralatan menyelam juga disediakan dan lengkap sesuai standar internasional.

Pulau-pulau di Raja Ampat yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Wayang, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Pulau Gam, dan Pulau Arborek.

Jika ingin melihat cendrawasih, burung khas Papua, dapat mengunjungi Pulau Gam. Apabila ingin mendaki bukit-bukit karang yang indah, datanglah ke Pulau Karang. Di pulau ini Anda akan ditantang untuk mendaki bukit dengan kemiringan hingga 90 derajat.

Dan ketika berada di puncak, Anda akan disuguhi panorama gugusan kepulauan Raja Ampat yang dikelilingi lautan biru yang luar biasa.

Tempat Wisata Raja Ampat Papua Barat
Tempat Wisata Raja Ampat Papua Barat – via IG @chi_choe

Rute Perjalanan dan Akomodasi di Raja Ampat

Keindahan Raja Ampat memang sudah mendunia. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang mendatangi tempat ini untuk menikmati keindahan alamnya.

Sayangnya, kepopuleran Raja Ampat di negeri sendiri baru terdengar gaungnya beberapa tahun terakhir. Harus diakui hal ini disebabkan oleh faktor biaya.

Perjalanan wisata ke Raja Ampat dari beberapa pulau di Indonesia, khususnya Pulau Jawa sangat sulit dan membutuhkan biaya besar.

Saat ini transportasi Jawa – Papua dapat ditempuh dengan dua jalur, yaitu jalur udara dan jalur laut.

Jalur udara menggunakan penerbangan domestik dari Jakarta menuju Sorong, kota besar terdekat dari Raja Ampat. Lamanya penerbangan dari Jakarta sekitar 6 jam.

Sedangkan, jalur laut dapat ditempuh dengan menggunakan kapal Pelni dari pelabuhan-pelabuhan di Jawa menuju Sorong. Naik kapal jauh lebih lama daripada pesawat, dan bisa menghabiskan waktu 4-5 hari.

Dari kota Sorong, wisatawan akan menuju Waisai, ibukota Raja Ampat. Kota Waisai berada di Pulau Waigeo, salah satu pulau utama dan terbesar dari 4 pulau besar di Raja Ampat.

4 pulau besar yang ada di Raja Ampat adalah Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Raja Ampat
Raja Ampat – via IG @stephanie_oq

Saat ini di kepulauan Raja Ampat sudah tersedia resort yang melayani para wisatawan untuk menikmati keindahan Papua. Hanya saja harga penginapan dan layanan wisata di tempat ini cukup mahal.

Sulit dan mahalnya akomodasi tersebut yang menyebabkan wisata Raja Ampat kurang populer di kalangan turis lokal.

Berbeda dengan keadaan turis mancanegara yang memiliki pendapatan di atas rata-rata masyarakat Indonesia, masalah biaya bukanlah hal yang sulit untuk berwisata ke Papua.

Menjawab permasalahan itu muncul agen-agen wisata budget yang menyediakan paket wisata murah ke Raja Ampat.

Apalagi masyarakat setempat sudah menyadari potensi wisata di daerahnya dengan menyediakan penginapan murah di pemukiman warga.

Memang tidak semewah resort, tapi justru mendapat pengalaman berharga tinggal di tengah warga asli Raja Ampat Papua yang memiliki kebudayaan unik.

Baca juga cerita perjalanan dari Sahabat Seneng Dolan Diah Banowati : Raja Ampat 

Selamat berlibur 🙂

Written by Seneng Dolan
Seneng Dolan Adventure - Media berbagi informasi tentang perjalanan wisata dari berbagai penjuru dunia. Dolan Dolan Men! Lets Adventure! Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Answer! * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.