Theme Park

Taman Mini Indonesia Indah – Mengenal Ragam Budaya di Indonesia

Avatar Written by Seneng Dolan · 2 min read >
taman mini indonesia indah

Berwisata Sekaligus Menambah Wawasan Di Taman Mini Indonesia Indah

Kamu pasti tahu objek wisata yang terkenal di kawasan Jakarta Timur, kan? Ya, Taman Mini Indonesia Indah, siapa yang tidak kenal objek wisata yang memiliki konsep untuk mengenalkan budaya Indonesia ini.

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat menjadi TMII ini adalah destinasi wisata yang didalamnya terdapat berbagai macam rangkuman dari kebudayaan asli bangsa Indonesia.

Singkatnya, TMII adalah miniatur dari negeri kita tercinta ini alias Negera Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Untuk kamu yang mengunjungi TMII, kamu akan melihat sebuah danau dimana terdapat miniatur dari kepulauan yang ada di Indonesia, dengan kata lain, peta Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Keren bukan 🙂

Lokasi Taman Mini Indonesia Indah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Taman Mini Indonesia Indah atau TMII berada di kawasan Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Raya Taman Mini Timur, Cipayung, Jakarta Timur.

Karena lokasinya yang terletak di pusat kota, tempat wisata ini mudah untuk dikunjungi. Banyak transportasi umum yang dapat kamu temukan.

Buat kamu yang berada di luar kota Jakarta dan menggunakan transportasi udara, kamu bisa transit di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, dimana bandara ini adalah lokasi terdekat dengan TMII dibanding dengan bandara Soekarno Hatta.

Selain jalur transportasi udara, kamu yang menggunakan sarana transportasi darat seperti kereta api misalnya, dapat turun di stasiun atau terminal pasar minggu. Terminal ini adalah lokasi yang paling dekat dengan TMII.

Baca juga wahana bermain : Pandawa Waterworld

Ragam Wahana yang Ada di Taman Mini Indonesia Indah

Selain sebuah danau yang minatur kepulauan Indonesia, kamu juga dapat menemukan berbagai wahana menarik lainnya di Taman Mini Indonesia Indah.

Wahana-wahana menarik tersebut dikelompokan sesuai dengan jenisnya, berikut berbagai macam wahana yang pastinya akan membuatmu semakin tertarik untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah ini.

Ragam Anjungan Daerah

Anjungan Daerah TMII
Salah satu Anjungan Daerah di TMII – via web http://catatanhatiibubahagia.blogspot.co.id/

Di sekitar kawasan wahana anjungan daerah, kamu akan melihat berbagai macam kebudayaan tersebar di seluruh Indonesia.

Terbagi sesuai dengan provinsi yang ada dengan menampilkan segala bentuk keunikan budaya dari masing-masing daerah.

Misalnya, kamu akan menemukan rumah adat, pakaian tradisional, pakaian pernikahan, senjata khas dari provinsi tersebut bahkan berbagai macam peralatan rumah tangganya.

Kamu juga akan menemukan panggung di setiap anjungan yang tentunya akan menampilkan pertunjukkan musik, tarian tradisional, makanan khas dan tak lupa, upacara adat yang biasa dilakukan di setiap masing-masing daerah.

Untuk menyaksikan pertunjukkan tersebut, biasanya dilakukan setiap hari Minggu.

Bangunan Keagamaan dan Museum

Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII
Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII – via web http://www.surgaindonesia.com/

Untuk bangunan keagamaan, kamu akan menemeukan berbagai macam miniatur bangunan rumah ibadah.

Semua bangunan rumah ibadah tersebut sesuai dengan keyakinan atau agama yang ada di Indonesia, baik itu masjid, gereja, ataupun pura dan kuil.

Sedangkan untuk museum, kamu dapat mengunjungi berbagai jenis museum di TMII.

Seperti Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Asmat, Museum Serangga, dan museum lainnya yang pasti akan membuatmu semakin tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata TMII ini.

Sarana Rekreasi dan Teater

Teater Keong Emas TMII
Teater Keong Emas TMII – via web http://www.betawi.co/

Wahana rekreasi juga tersedia di tempat wisata ini, seperti Istana Anak-anak Indonesia yang tentu saja dikhususkan untuk pengunjung anak-anak,

lalu kereta gantung, Snow Bay, Taman Flora dan Fauna, perahu angsa, balon raksasa, dan juga Pusat Peragaan IPTEK yang pastinya akan memberikan wawasan untuk kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menonton pertunjukkan teater yang terbagi menjadi 3 lokasi sesuai dengan pertunjukannya.

Misalnya, Teater IMAX Keong Mas adalah teater yang khusus memutar film tentang kebudayaan Indonesia serta lingkungan di sekitarnya.

Meskipun begitu, lokasi teater ini juga pernah memutar film-film Box Office. Kemudian, Teater Tanah Airku yang khusus untuk pertunjukan seni, dan yang terakhir adalah Teater 3D.

Sesuai dengan namanya, teater tersebut digunakan khusus untuk memutar film 3D atau tiga dimensi.

Jika kamu ingin berkeliling Indonesia, maka tidak ada salahnya kamu berkunjung ke tempat wisata ini dulu.

Selain sebagai ajang rekreasi, kamu juga akan menemukan berbagai macam hal menarik di Taman Mini Indonesia Indah yang tentunya akan menambah wawasanmu.

Baca juga tentang wahana Trans Studio Bandung

Written by Seneng Dolan
Seneng Dolan Adventure - Media berbagi informasi tentang perjalanan wisata dari berbagai penjuru dunia. Dolan Dolan Men! Lets Adventure! Profile

2 Replies to “Taman Mini Indonesia Indah – Mengenal Ragam Budaya di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *